Lihat ke Halaman Asli

Hery Syofyan

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

AFF 2014: Alasan Persiapan Mepet Mulai Dihembuskan PSSI?

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto : bola.viva.co.id

"Dari 35 pemain, ada 23 yang harus ditetapkan. Setiap tahun miliki masalah tersendiri, tahun ini agenda sangat berdekatan. Asian games dan SEA Games yang membuat persiapan kita begitu pendek," kata Joko Driyono disela-sela acara konferensi pers di Jakarta kepada Okezone, Senin (10/11/2014).

Selamat sore …….. sepertinya hari-hari kedepan akan kembali kanal bola diramaikan dengan berita Timnas Opa Riedl atau timnas Senior yang akan turut berkompetisi di ajang paling bergensi persepakbolaan negar-negara serumpun Asean, tapi sayang tidak ada poin untuk perhitungan peringkat dari FIFA karena memang bukan kalender resmi dari FIFA.

Kemaren telah berlangsung uji coba yang lumayan sukses antara Timnas Senior Indonesia VS Timor Leste yang berkesudahan dengan skor 4-0 untuk kemenangan Timnas “Opa Riedl”, tentu ini sebuah hasil yang lumayan bagus, walupun sebetulnya kemenangan itu konon katanya kurang mendapat respon yang baik dari sang pelatih opa riedl karena merasa seharusnya kemnangan itu bisa diraih dengan angka yang lebih besar yaitu 7-0 woww…? Hal itu disampaikan asisten pelatih Wolfgang Pikal "Saya tidak bahagia karena cuma menang 4-0, seharusnya kami bisa menang 7-0. Banyak kesalahan passing yang kami lakukan dan kami akan mencoba mengembangkannya di waktu latihan yang tersisa," ucap Wolfgang Pikal, asisten pelatih Indonesia yang menafsirkan ucapan Riedl usai laga selesai, Selasa (11/11/2014)…..tapi yah… sudahlah yang penting hasil yang dicapai dalam uji coba kemaren bisa menang coba kalau “Om Pikal” bayangkan seandainya timnas kalah …he….he…apa kata dunia ?

Dan yang menarik juga adalah apa yang juga say abaca dari berbagai media adalah gaung persiapan yang mepet mulai di jadikan alasa karena memang faktanya tidak didukung oleh tatakelola kompetisi yang benar, sehingga terjadilah seperti apa yang digambarkan di pembukaan tulisan di atas, dan kondisi itu diperburuk lagi dengan molornya jadwal Indonesia Super League (ISL) atau liga terjeger dan terpanjang sedunia ini (01 Februari s/d 07 November 2014), yang disertai juga dengan molornya pemain dari kedua tim finalis piala Liga itu Persipura dan Persib Bandung untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas seperti yang disampaikan pak sekjen Djokri "Disamping itu pemain dari Persib dan Persipura juga belum bisa bergabung dengan tim (nasional Indonesia), karena baru menyelesaikan final ISL. Hal itu berakibat pada laga uji coba yang sebenarnya akan dilaksanakan di luar negeri. Karena berdekatan dengan mulainya AFF Cup, jadi batal," tambahnya. Dan hebatnya lagi tim yang digadang-gadang PSSI menjadi juara diturnamen ini, sama seperti target yang dibebankan kepada sang pelatih Opa Riedl, dengan ancaman kalau tidak juara bakal dipulangkan ke negaranya Austria...he...he.

Sesuai dengan apa yang kita ketahui dari pemberitaan, sampai saat ini Opa Riedl masih belum menetapkan siapa pemain inti yang akan di bawanya nanti ke turnamen itu, terkait dengan hal itu mengenai kepastian kerangka tim akan diputuskan nanti tgl 19 November nanti setelah melakukan uji coba dengan Suriah.saptu depan tgl 15 november 2014, sementara untuk tim inti rencananya akan diumumkan sehari sebelum turnamen piala AFF dimulai yaitu tgl 21 November 2014, seperti yang disampaikan Asisten pelatih  Wolfgang Pikal "Proses seleksi masih berjalan. Penentuan 22 pemain yang dibawa ke Piala AFF, akan diputuskan satu hari sebelum berangkat ke Hanoi. Yang jelas, kami berusaha memilih pemain-pemain terbaik," terang Pikal,

Berikut jadwal Pertandingan Grup A Piala AFF 2014 disiarkan secara langsung oleh RCTI & RCTI.tv/streaming

  • 22 November 2014 19:00 WIB Vietnam vs Indonesia
  • 25 November 2014 16:00 WIB Indonesia vs Filipina
  • 28 November 2014 19:00 WIB Indonesia vs Laos.

Tapi yah sudahlah…..mari kita tunggu saja apa yang akan terjadi nanti dengan tim ini apakah bisa mencapai hasil seperti apa yang di harapkan oleh para pengila bola tanah air atau kita akan kembali mendengar berita kegagalan timnas seperti yang sudah-sudah ? apa lagi ajang piala AFF ini menjadi even yang paling bergengsi bagi Negara-negara di ASEAN ini tentu sangat besar pengharapan masyarakat pecinta bola akan kejayaan timnya.…….selamat menikmati.

Borneo 11 November 2014

Salam Olah Raga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline