Lihat ke Halaman Asli

H. Alvy Pongoh

Traveller & Life Learner

IHSA dan ICCN Bersinergi Membangun Usaha Homestay dan Ekonomi Kreatif

Diperbarui: 12 Februari 2023   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada hari Jumat sore tgl. 10 Februari 2023 Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Indonesia Home Stay Association (DPP IHSA) bersama Sekretaris Jenderal M. Rifni dan Ketua Komisi Ekonomi Kreatif Anas berkunjung ke Kantor Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkopukm RI) di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Dokpri

Dalam kunjungan ini DPP IHSA bertemu dan bersilaturahim dengan Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Tubagus Fiki Chikara Satari. Ketua Umum ICCN memperkenalkan Tim ICCN yang hadir dalam pertemuan perdana antara organisasi ICCN dan IHSA itu. ICCN adalah simpul jejaring Kota/Kabupaten Kreatif yang terbentuk sejak April 2015, dan dengan didasari oleh komitmen mewujudkan 10 Prinsip Kota Kreatif.

Dokpri 

Ketua Umum ICCN Fiki Satari menjelaskan bahwa jejaring ICCN terdiri dari elemen masyarakat yang menghidupkan Pentahelix Ekonomi Kreatif, yaitu Akademisi, Pengusaha / UMKM, Komunitas, Pemerintah, Media, dan Aggregator. Sampai kini jejaring ICCN merangkul inisiatif sampai 211+ Kota/Kabupaten Kreatif di seluruh Indonesia.

Ketua Umum DPP IHSA Alvy Pongoh juga menjelaskan tentang organisasi IHSA yang diinisiasi sejak tgl. 22 Februari 2022 dan dideklarasikan pada tgl. 24 Maret 2022. Secara legal organisasi IHSA sudah mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham RI pada tgl. 03 Agustus 2022.  Saat ini kepengurusan IHSA sudah terbentuk di 18 Provinsi dan 50 Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia.

Ketua Umum ICCN dan Ketua Umum DPP IHSA menyatakan sepakat untuk saling bersinergi dalam membangun usaha Homestay dan Ekonomi Kreatif di tanah air. ICCN dan IHSA sepakat membentuk Tim Kerja Bersama yang akan menyusun program pengembangan usaha Homestay dan Ekonomi Kreatif khususnya di Desa-Desa Wisata yang berada di Kabupaten/Kota yang sudah termasuk dalam ICCN.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline