Lihat ke Halaman Asli

Jejak Kepemimpinan Transformatif Ridwan Kamil dalam Mengubah Wajah Baru Jawa Barat

Diperbarui: 21 Mei 2024   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

rm.id

jabar.inews.id

Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Kang Emil ini adalah seorang arsitek, politisi, dan tokoh publik di Indonesia. Ridwan Kamil lahir pada 4 Oktober 1971 di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Beliau memiliki latar belakang pendidikan di bidang arsitektur dan telah menghasilkan berbagai karya desain yang sangat terkenal dan menarik. Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung pada tahun 2013 hingga 2018 lalu kemudian terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat pada tahun 2018 hingga 2023. Semasa beliau menjabat, Ridwan Kamil dikenal sebagai  tokoh yang penuh dengan berbagai inisiatif pembangunan infrastruktur dan urbanisme yang modern sesuai dengan era sekarang serta program-program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas warganya. Selain itu beliau juga dikenal sebagai tokoh publik yang cukup aktif di media sosial, sering berinteraksi dengan masyarakat dan berbagi informasi mengenai perkembangan di wilayah yang dipimpinnya serta terbuka pada kritik masyarakat.

Riwayat Pendidikan

  • Sarjana ( S1 ) 
  • Institut Teknologi Bandung ( ITB )
  • Jurusan Teknik Arsitektur
  • Lulus pada tahun 1995
  • Magister ( S2)
  • University of California, Berkeley
  • Jurusan Urban Design ( Perancangan Kota )
  • Lulus pada tahun 2011

Karakteristik Kepemimpinan Ridwan Kamil

Kepemimpinan menjadi suatu instrument yang sangat penting bagi budaya politik di Indonesia. Karena kepemimpinan pada dasarnya merefleksikan proses pemimpin menciptakan visi dan misi yang dapat  mempengaruhi sikap, perilaku, pendapat, nilai- nilai, norma, dan lain sebagainya. Gaya kepemimpinan yang transformatif dianggap sebagai salah satu bentuk kepemimpinan yang moderen, karena mampu memainkan peran penting untuk peningkatan dengan adanya suatu perubahan. Gaya kepemimpinan transformatif ini diterapkan oleh sosok Ridwan Kamil semasa enam tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Kepemimpinan dalam politik sesuai berkembangan nya zaman pasti akan mengalami suatu perubahan, dimana dengan adanya perubahan dan perkembangan tersebut otomatis yang akan mempengaruhi tipe kepemimpinannya itu sendiri. Perubahan dan perkembangan yang diharapkan adalah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat itu sendiri. Upaya dalam membangun demokrasi dalam kebidupan bermasyarakat merupakan impian bangsa Indonesia saat ini. Dengan diterapkannya kehidupan demokrasi dalam masyarakat mendukung terciptanya kehidupan bersama yang nyaman dan harmonis.

Kepemimpinan Menurut Sutrisno (2014 : 213) “Kepemimpinan adalah suatu proses kegiatan seseorang untuk menggerakkan orang lain dengan memimpin, membimbing, memengaruhi orang lain, untuk melakukan sesuatu agar dicapai hasil yang diharapkan”. Sedangkan Menurut Vincent Gaspersz dalam Mallapiseng (2015 : 16) mengemukakan bahwa “Kepemimpinan adalah proses dimana seseorang atau sekelompok orang (tim) lain, menginspirasikan, memotivasi, dan mengarahkan aktivitas mereka untuk mencapai sasaran dan tujuan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk memimpin, mempengaruhi, dan mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Kepemimpinan transformatif menjadi suatu tipe atau gaya kepemimpinan yang ideal bagi masyarakat yang demokratis. Ridwan Kamil mampu mempresentasikan dirinya sebagai pemimpin yang adaptif. Beliau mampu memimpin dengan menyesuaikan perubahan yang ada, terlebih terhadap pesatnya perubahan zaman dengan berusaha untuk mampu  mewakili “orang muda” sebagai generasi baru yang kritis , kreatif dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi yang diharapkan menjadi penopang  perubahan budaya politik dalam masyarakat di Indonesia. Dengan kerja keras dan ketekunannya Ridwan Kamil mampu meraih banyak sekali penghargaan dan menjadi suatu inspirasi bagi generasi muda untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi , berjiwa kompetitif, juga memiliki moral yang baik dan cerdas.

Strategi dan pendekatan kepemimpinan Transformatif Ridwan Kamil

Kepemimpinan transformasional secara leksikal dibangun dari dua kata, yaitu kepemimpinan (leadership) dan transformasional (transformasional). Menurut Robert G. Owens (1991:132) mengartikan kepemimpinan sebagai keterlibatan yang dilakukan secara sengaja untuk mempengaruhi perilaku orang sebagaimana dikemukakan berikut “Leadership involes intentionally exercising influence on the behavior of others people”. Lalu secara semantik kata transformatif berinduk pada kata “to transform” yang didefinisikan dengan “mentransformasikan” atau mengubah sesuatu menjadi bentuk lain yang berbeda, misalnya mentransformasikan visi menjadi realita. Oleh sebab itu, transformatif mengandung makna sifat-sifat yang dapat mengubah sesuatu menjadi bentuk lain. Dengan demikian karakteristik kepemimpinan transformatif dapat diartikan sebagai ciri atau sifat atau kekhasan yang melekat pada sebuah gaya dari seni mempengaruhi (kepemimpinan) yang didalamnya berusaha untuk mengubah bentuk atau penampilan dari suatu organisasi dari satu bentuk kepada bentuk yang lain melalui sebuah proses.

Melalui komunikasi di sosial media dan program digitalisasi yang dibuat oleh Ridwan Kamil menjadi dua hal yang melekat dan terikat dipikiran masyarakat. Gayanya dalam berinteraksi dengan warganya di kolom komentar menjadi satu hal yang khas dari Ridwan Kamil. Karena dalam merespon para netizen, beliau bukan hanya merespon dengan positif namun terkadang juga dengan unsur humor. Sebagai contoh, Ridwan Kamil sering menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook untuk berkomunikasi dengan masyarakat Jawa Barat. Dia bisa menggunakan akun-akun ini untuk berbagi informasi tentang proyek-proyek pembangunan yang sedang berlangsung, memberikan update tentang kebijakan-kebijakan baru, serta mengumumkan acara atau kegiatan yang akan diadakan di berbagai wilayah di Jawa Barat. Misalnya, Ridwan Kamil dapat memposting gambar atau video dari kunjungannya ke lokasi proyek pembangunan terbaru, memberikan penjelasan singkat tentang manfaat proyek tersebut bagi masyarakat setempat, dan mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau pertanyaan melalui kolom komentar. Selain itu, dia juga bisa menggunakan media sosial untuk menyampaikan pesan-pesan penting, seperti himbauan terkait kesehatan atau keselamatan publik, serta untuk merespons langsung pertanyaan atau keluhan masyarakat.

Selain pola komunikasi yang digunakan Ridwan Kamil yang mulai berganti dengan menggunakan kemajuan teknologi, Ridwan Kamil juga selalu mendorong proses digitalisasi, salah satu contoh perubahan dan prestasinya adalah semasa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membawa Pemda Provinsi Jabar meraih penghargaan internasional di sektor teknologi pada ajang GO SMART AWARD 2023 di Taipei, Taiwan. Dalam ajang penghargaan ini, Jawa Barat masuk dalam 5 besar dengan penerimaan penghargaan diwakili oleh Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI). Penghargaan ini diberikan karena pelaksanaan JDS dalam mendorong transformasi digital dalam birokrasi pemerintahan dan meningkatkan pengalaman digital warga di Jawa Barat. Pada masa kepemimpinan transformatif Ridwan Kamil mengarahkan perubahan ke arah digitalisasi yang lebih inklusif. Beliau mengembangkan layanan publik berupa aplikasi, mengembangkan desa digital, pembangunan pusat kontrol, dan pembentukan Jabar Digital Service untuk mempersempit kesenjangan digital. Karena gaya kepemimpinan inilah Ridwan Kamil meraih beberapa  penghargaan seperti, penghargaan DX Leader di IDC Digital TransformationAward 2019, Top Leaderon Digital Innovation dari Media Group Network tahun 2021, dan Top Leaderfor Digital Implementation di TOP Digital Award 2021.

Budaya Kewargaan yang dibangun Ridwan Kamil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline