Lihat ke Halaman Asli

Apa Saja Biaya yang Ditanggung Hotel?

Diperbarui: 15 Januari 2017   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Bagi Anda yang ingin belajar tentang akunting perhotelan, yuk kita mengenal biaya-biaya apa saja sih yang ada dihotel?

1. Cost of Food & Room : Cost of food ini adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh hotel untuk membuat 1 jenis masakan/menu.Cost of food ini terdiri dari biaya pembelian bahan baku.

Besaran Prosentase dari cost of food ini bisa dihitung dari Penjualan menu makanan dibagi dengan jumlah pembelian bahan baku. Semakin tinggi pembelian bahan bakunya maka semakin tinggi pula cost of food nya. Untuk itulah setiap manajemen hotel membuat suatu aturan baku tentang besaran cost of food. Misal cost of food di hotel X tidak boleh melebihi 30%. Fungsinya adalah agar tidak terjadi over budget dalam pembelian bahan baku dan mencegah terjadinya penumpukan bahan baku yang berlebihan.

Sedangkan Cost of Room merupakan ongkos yang dikeluarkan untuk memproduksi kamar agar layak dijual. Komponen ongkos dapat berupa: Biaya binatu untuk linen, handuk, sarung bantal, biaya chemical untuk membersihkan kamar, sabun, sikat gigi, pasta gigi, cable TV dan lain-lain.

Besaran biaya produksi bahan baku umunya terus merangkak naik seiring dengan situasi ekonomi Makro dinegara kita.

2. Beban Utilitas

Telepon, Internet, Air, Listrik termasuk ke dalam beban Utilitas. Beban yang harus dibayar oleh hotel ini lumayan besar jumlahnya. Biasanya besaran beban utilitas ini sebesar 20% dari pendapatan yang diterima hotel setiap bulannya. Biaya ini umumnya terus naik setiap tahun seiring dengan kebijakan provider.

3. Beban untuk kebutuhan karyawan

Gaji karyawan menjadi kewajiban yang harus dibayar oleh Hotel. Oleh sebab itu, manajemen hotel perlu cermat di dalam membuat planning rekrutmen sehingga tidak terjadi over rekrutmen. Besaran beban gaji yang dikeluarkan oleh hotel tiap bulannya besarannya 20% dari pendapatan hotel sendiri. Selain gaji, Makan, Asuransi Kesehatan, Jaminan kecelakaan kerja dan Jamninan Hari Tua Karyawan juga menjadi tanggungan dari Hotel. Selain itu hotel juga menganggarkan untuk aktifitas-aktivitas sosial seperti outing, tunjangan kelahiran, pernikahan, kematian dan pelatihan.

Nah, biaya ini selalu naik tiap tahunnya dikisaran 10%.

4. Gas and Oil Expense

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline