Lihat ke Halaman Asli

Sifat dan Karakter yang Harus Dimiliki oleh Karyawan Hotel

Diperbarui: 8 Oktober 2016   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

hotelier.co.id- Hotel merupakan salah satu unit bisnis yang 24 jam melakukan kegiatan operasional. Selain itu intensitas kerja yang cepat dan dinamis menuntut karyawannya untuk dapat menyesuaikan diri. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh karyawan perhotelan guna mendukung kinerjanya.

Kejujuran

Kejujuran merupakan sifat mendasar yang wajib dimiliki karyawan perhotelan. Karena kejujuran itu merupakan awal dari sebuah kepercayaan dan kepercayaan akan gugur apabila karyawan yang dipercayai itu melakukan sebuah kebohongan. Disisi lain, seorang karyawan yang jujur bisa menambah tamu hotel merasa aman dan  nyaman.

Profesionalisme

Di dalam melakukan pekerjaan, seorang karyawan dituntut selalu profesional. Profesional secara penampilan maupun secara teknik pekerjaan guna menunjang kegiatan operasional hotel.

Kedisiplinan

Kedisiplinan ini mencakupi kedisiplinan kerja sesuai Prosedur, kedisiplinan dalam kehadiran, dan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib hotel/house rule yang ditetapkan oleh hotel.

Keterbukaan

Keterbukaan ini adalah karyawan secara terbuka mau untuk menerima kritikan dan masukan, selain itu keterbukaan ini akan mempermudah manajer atau atasan di dalam mencari solusi atas permasalahan yang sedang di hadapi oleh karyawan.

Sebagai contoh, apabila karyawan masih belum mampu mengerjakan sesuatu, maka sebaiknya karyawan secara terbuka bicara dengan manajer atau atasannya bahwa dia masih belum mampu sehingga atasan atau manajer pun akan mengajari karyawan tersebut sampai bisa. Hanya saja, agar seorang karyawan ini mau bersikap terbuka terhadap pimpinannya, seorang pimpinan juga harus memiliki rasa asih, asah, dan asuh sehingga si karyawan tersebut merasa tenang ketika dia terbuka terhadap pimpinannya

Kemauan untuk belajar hal-hal yang baru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline