Lihat ke Halaman Asli

Hosea Richard

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Menjelajahi Sejarah Internet dan Seluk-beluknya

Diperbarui: 6 September 2021   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: freepik.com

Sejak kapan internet hadir dalam kehidupan manusia?

Saat ini, digitalisasi dan aktivitas manusia adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

Salah satu dampak yang bisa kita perhatikan adalah kehadiran internet. Internet berperan banyak dalam fase kehidupan kita selama beberapa tahun terakhir.

Internet dapat dikatakan sebagai sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung untuk keperluan komunikasi (Zabar & Novianto, 2015). Demikian akses layanan telekomunikasi saat ini mampu diwujudkan karena kehadiran internet.

Dengan melalui internet, manusia di seluruh penjuru dunia bisa terhubung tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Bahkan, rasanya koneksi antar manusia tidak akan pernah mati karena internet akan terus menerus ada selama 24 jam tanpa henti.

Lantas, apakah konsep internet sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu? Siapa yang menjadi pencetusnya?

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Konsep internet pertama kali muncul pada saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk sebuah agensi riset proyek bernama ARPA di tahun 1957.

Sebenarnya proyek ini dikembangkan sebagai bentuk tanggapan mereka terhadap meluncurnya satelit pertama dari bumi yang bernama Sputnik 1 oleh pihak Uni Soviet (Sumargono, 2011).

Tugas ARPA di sini adalah mencari koneksi antar universitas dan juga perusahaan yang dianggap mampu melakukan kerja sama demi menyukseskan proyek miliknya.

Alhasil, muncul sebuah terobosan baru yaitu jaringan bernama ARPANET, sebagai hasil kerjasama antara ARPA dengan BBN, biro konsultan di Cambridge.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline