Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Anak muda sebagai konsumen merupakan pendorong peningkatan konsumsi kopi lokal yang berpengaruh ke kopi instan. Kapal Api Global atau dikenal Kapal Api Group sebagai salah satu produsen kopi instan menjadi pemenang dalam persaingan ini.
Sesuai slogan Kapal Api "Jelas Lebih Enak", perusahaan ini berhasil menangkap hati masyarakat untuk memilih Kapal Api dibandingkan produsen kopi instan yang lain. Bagaimana cara kapal api menjadi pemenang persaingan ini?
Kapal Api Group (Santos Jaya Abadi)
Kapal Api Group sebagai salah satu produsen makanan dan minuman di Indonesia memegang pangsa pasar terbesar di bidang kopi instan. Kapal Api Global yang berdiri pada tahun 2008 berhasil mendapatkan posisi tersebut melalui anak usahanya, PT Santos Jaya Abadi.
Mengutip dari website perusahaan, PT Santos Jaya Abadi didirikan pada tahun 1979, merupakan salah satu perusahaan pemanggangan kopi terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan tidak sungkan menggunakan kata terbesar di Asia Tenggara. Santos Jaya Abadi memiliki tiga pabrik yang tersebar di Sidoarjo, Karawang, dan Sukodono. Melalui anak usahanya, Kapal Api memiliki kapasitas produksi hingga 5 ton/jam.
Produk Kapal Api
Menurut riset profil konsumen Indonesia tahun 2022, ada 5 merek kopi instan yang menjadi favorit konsumen Indonesia antara lain Good Day, Kapal Api, Luwak White Cofee, ABC, dan Indocafe. Kapal Api Group mengenggam pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan beragam produknya.
Sesuai namanya, Kopi Kapal Api menjadi salah satu produk unggulan perseroan di pasar Indonesia. Selain Kapal Api, perusahaan juga produsen Good Day dan ABC. Terdapat 3 merek yang digenggam perusahaan dari 5 merek teratas. Merek yang dikeluarkan memiliki harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Salah satunya adalah kopi Kapal Api dengan kopi ABC.
Selain memproduksi 3 merek tersebut, Santos Jaya juga memproduksi Kopi Ya, Kapten, dan Ceremix. Perusahaan juga memperlebar varian Kapal Api menjadi Kapal Api Grande dan Kapal Api Fresco. Dengan berbagai varian produk, Kapal Api Group menjadi salah satu produsen kopi instan terbesar di Indonesia.
Daya Saing Kapal Api
Kapal Api Global sebagai perusahaan holding memiliki keunggulan khusus dalam penetrasi pasar. Keunggulan khusus Kapal Api terletak pada rantai pasok dan branding mereknya. Selain itu, perusahaan juga unggul dalam variasi produk.
Kapal Api memiliki keunggulan rantai pasok yang kompetitif. Kapal Api melalui anak usahanya, PT Sulotco Jaya Abadi memiliki perkebunan khusus kopi yang terletak di Toraja dengan luas 1.200 hektar. Kopi yang telah dipanen, akan diolah PT Santos Jaya Abadi menjadi kopi instan kemasan. Setelah itu, PT Fastrata Buana sebagai perusahaan distributor akan menyebarkan produk Kapal Api ke konsumen.