Pasti anda mengetahui bahwa model bisnis bisa dibagi menjadi business to business (B2B), B2C, C2C, dan lainnya. Tapi anda perlu mengetahui bahwa model bisnis e-commerce juga dibagi atas monetization power. Bila diperingkatkan bisa dari rendah ke tinggi, atau dari take rate ke merchant solution.
Berikut akan dijelaskan untuk menambah pengetahuan anda dan anda mengetahui kenapa e-commerce masih rugi di Indonesia sesuai Nilzon Capital.
1. Take Rate
Perusahaan dalam model bisnis ini menghasilkan uang terutama dengan mengejar komisi dari setiap penjualan yang terjadi di platform, biasanya sebagai persentase dari total penjualan
- Diferensiasi utama dari model bisnis ini adalah bahwa platform ecommerce tidak bertanggung jawab atas penanganan barang dan pengiriman. Platform ecommerce bertindak sebagai kustodian yang melepaskan transfer dana setelah transaksi selesai dan tidak ada perselisihan yang diajukan baik oleh pedagang atau pembeli.
- Contoh perusahaan dengan model bisnis ini adalah: Bukalapak.com (BUKA), eBay (EBAY), Sea Limited (SE), Pinduoduo (PDD), Alibaba
- Group (BABA), Mercado Libre (MELI), dll. Perusahaan-perusahaan ini terutama membebankan biaya “Platform Fee” sebagai persentase dari total penjualan.
2. Fulfillment
Perusahaan dalam model bisnis ini menghasilkan uang terutama dengan menyediakan pergudangan, penanganan persediaan, pengiriman, dan komisi dari setiap penjualan yang terjadi di platform.
- Diferensiasi utama dari model bisnis ini adalah bahwa platform ecommerce menangani pergudangan, pemrosesan pesanan, pengiriman, dan kustodian. Dalam model bisnis ini, pedagang dapat fokus pada kegiatan produksi barang untuk dijual, sedangkan platform ecommerce menangani pemeliharaan dan transfer barang ke konsumen akhir.
- Contoh perusahaan dengan model bisnis ini: Amazon (AMZN), Overstock (OSTK), Coupang (CPNG), Ceconomy (CEC), Americana SA (AMER3), dll.
- Pendapatan bersih terutama dihitung dari total nilai penjualan (atau serupa dengan GMV), sedangkan harga pokok penjualan dihitung dari jumlah yang harus dibayarkan kepada pemasok atas barang yang mereka sediakan.
- Model bisnis ini dapat bekerja dengan sangat baik di negaranegara tanpa PPN atau pajak variabel lainnya, atau dengan pedagang besar yang dapat menangani perpajakan profesional dan kredit PPN.
3. Merchant Solution
Perusahaan dalam model bisnis ini menghasilkan uang terutama dengan menyediakan layanan B2B untuk memungkinkan pedagang mendirikan toko white-label yang eksklusif.
- Diferensiasi utama dari model bisnis ini adalah bahwa platform ecommerce tidak terlibat dalam sisi operasional toko online sama sekali dan tidak bertindak sebagai kustodian dana pelanggan. Bisnis di segmen ini hanya bertindak sebagai penyedia layanan B2B yang memungkinkan merchant untuk mendirikan toko online white-label dan katalog produk yang eksklusif.
- Layanan merchant solution yang paling terkenal adalah Shopify (SHOP). Bisnis ini terutama membebankan biaya berlangganan untuk mengelola pendaftaran domain, menyediakan template desain, memastikan akses uptime ke situs web, dan perantara antara pedagang dan payment gateway.