Lihat ke Halaman Asli

Y. Edward Horas S.

TERVERIFIKASI

Pendiri Cerpen Sastra Grup (cerpensastragrup.com)

Fenomena Kata Sandi yang Berjibun, Pusingkah Anda?

Diperbarui: 7 Mei 2021   04:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi penggunaan password atau kata sandi untuk mengakses media sosial| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Seorang lelaki duduk di depan komputer kantor. Ia menyangga dagu dengan dua tangan. Matanya menatap tajam satu tampilan di layar. Keningnya sedikit berkerut, seperti ada masalah terjadi.

"Bagaimana, saya lupa ini? Apa solusinya?" katanya seraya memegang telepon internal kantor. Terdengar suara jawaban seseorang. Lelaki itu tersenyum. Ia menunggu.

"Sedikit-sedikit password, sedikit-sedikit password, mengapa password begitu banyak?" keluh saya dalam hati suatu saat. Sebab tulisan ini berbahasa Indonesia, saya ganti password dengan kata sandi.

Era digital sekarang, yang menuntut semua sendi kehidupan menggunakan teknologi, sehingga melahirkan beragam aplikasi dengan tujuan membantu dan memudahkan, mau tidak mau memunculkan banyak kata sandi.

Kata sandi harus diisi agar aplikasi memberi izin kepada kita sebagai pengguna untuk memprosesnya lebih dalam. Hampir semua aplikasi menyangkut diri, pasti ada kata sandinya.

Jika saya jelaskan ringkas, dari seluruh kata sandi yang saya punya, kata sandi berwujud perpaduan unik yang dirangkai sedemikian rupa, tersusun dari huruf, angka, tanda baca, serta tanda lainnya pada papan ketik komputer. Dibentuk saat pertama kali hendak menggunakan aplikasi.

Setiap hari, bagi masyarakat yang hidupnya tersentuh teknologi, setidaknya barang sekali, pasti menggunakan kata sandi. Kejadian lupa wajar terjadi, jika memang banyak kata sandi yang perlu diingat, seperti ilustrasi di atas.

Ilustrasi Kata Sandi, Sumber: liputan6.com

Berapa kata sandi Anda?

Tidak perlu susah-susah Anda menjawab. Saya wakili saja. Paling, tidak jauh beda jenis kata sandi saya dengan Anda. Setidaknya, ada tiga kata sandi utama yang kita punya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline