Lihat ke Halaman Asli

Y. Edward Horas S.

TERVERIFIKASI

Pendiri Cerpen Sastra Grup (cerpensastragrup.com)

Marahlah terhadap Kebodohan

Diperbarui: 28 Juli 2020   06:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekspresi Marah, Sumber: liputan6.com

Sepertinya terasa kasar sekali judul tulisan ini. Bodoh, kata yang selalu dihindari untuk terucap dalam pergaulan sosial. Telah kalah dengan budaya sopan santun di negara ini.

Kendati jarang digunakan, bodoh tetap tercatat sebagai sebuah kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diartikan di sana, bodoh adalah tidak lekas mengerti, tidak mudah tahu atau tidak dapat (mengerjakan dan sebagainya), tidak memiliki pengetahuan (pendidikan atau pengalaman), dan terserah.

Mengapa terdengar sangat kasar? Karena kata ini kental dengan nuansa peyorasi, yang bermakna lebih tidak baik. Kalau ameliorasinya, diganti dengan kata "kurang pintar".

Di negara ini, tidak memiliki pengetahuan (salah satu arti bodoh) mendapat perhatian serius dari pemerintah. Tengok saja, mengutip situs Kemenkeu, pada tahun 2020 ini, telah teranggarkan anggaran pendidikan sebesar 508,1 triliun rupiah atau setara dengan 20% dari belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2020. Jumlah ini selalu meningkat setiap tahun, bila ditarik lima tahun ke belakang.

Tangkapan Layar Anggaran Pendidikan, Sumber: kemenkeu.go.id

Jumlah yang cukup besar dibanding anggaran belanja yang lain. Semata-mata untuk memajukan pendidikan Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu tujuan negara kita.

Penulis sendiri sangat yakin kebodohan bisa diberantas. Dengan cara menanamkan sikap "marah" terhadapnya. Marah setidaknya bila melihat masih ada yang tidak tahu, ada yang buta aksara, dan ada yang tidak bisa berhitung. 

Berdasarkan situs Kemendikbud, pada tahun 2018, jumlah penduduk buta aksara sebanyak 3,29 juta, turun bila dibanding tahun 2017 sebanyak 3,4 juta. Jumlah ini tentunya semakin tahun semakin turun harapannya.

Maka dari itu, "marahlah". Dengan begitu, kita akan tergerak untuk mencerdaskannya, berbagi ilmu yang dimiliki, bahkan mungkin mengambil bagian dalam mengajarkan literasi dan numerasi.

Ingat, yang perlu dimarahi adalah kebodohannya, bukan orangnya. Karena marah adalah energi negatif, maka ketika itu tersalurkan kepada orang, yang ada hanyalah memudarkan semangatnya dalam mengubah tidak tahu menjadi tahu.  

Bentuk nyata dari "marah" terhadap kebodohan pun dapat dilakukan melalui: 

  • Kontribusi tenaga pendidik;

Ilustrasi Guru Mengajar lewat PJJ, Sumber: kompas.com 

Para tenaga pendidik terpanggil dan tergerak untuk memberantasnya melalui pengajaran secara formal di setiap jenjang pendidikan. Mulai dari pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak, hingga perguruan tinggi, semua dilakukan untuk menambah tingkat pengetahuan masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline