Lihat ke Halaman Asli

christi kevin kyken

Warrior God of Agriculture

Sepele Namun Mematikan, Bahaya Duduk Terlalu Lama

Diperbarui: 9 Desember 2023   13:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Know Your Meme)

Setiap manusia memiliki keinginan untuk bisa menikmati hidup yang lama. Untuk memastikan hal tersebut tercapai, manusia menjaga pola makan, istirahat dan olahraga yang teratur. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, manusia berharap keinginan untuk bisa hidup panjang menjadi terwujud.

Manusia berlomba - lomba untuk hidup sehat dengan menerapkan berbagai pola hidup sehat. Terdapat manusia yang menerapkan sistem diet agar berat badan dan sistem di dalam tubuh menjadi teratur. Ada pula yang menerapkan olahraga seperti yoga dan senam zumba untuk membuat tubuh lebih bugar.

Berbagai hal dilakukan agar dapat hidup sehat dan pada akhirnya mendapatkan umur yang panjang. Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah waktu istirahat. Waktu istirahat sangat penting untuk menjaga agar tubuh memiliki cukup waktu dalam memulihkan diri.

Pola tidur perlu diperhatikan karena tidur merupakan kegiatan wajib bagi tubuh. Tidur malam sangat penting agar tubuh bisa menjalankan kegiatannya dan memulihkan diri untuk kegiatan esok hari. Terutama bagian otak yang membutuhkan waktu istirahat setelah seharian bekerja.

Namun selain itu, aktivitas saat bekerja juga menjadi faktor penentu dalam kesehatan manusia. Sebab, pekerjaan sekarang lebih banyak duduk di belakang meja dibandingkan aktivitas fisik pada umumnya. Hal ini tentu saja sangat beresiko bagi manusia.

Menurut para dokter, kelamaan duduk merupakan hal yang tidak dapat disepelekan karena memiliki resiko yang mengerikan. Terlebih lagi kelamaan duduk yang tidak dibarengi dengan olahraga. Hal ini akan memberikan peluang lebih besar terhadap penyakit yang akan ditimbulkan.

Kebanyakan atau kelamaan duduk akan membuat usus tertarik oleh gaya gravitasi. Hal ini akan memunculkan sebuah gejala yang bernama hemorrhoid. Hemorrhoid merupakan keadaan dimana pembuluh darah terdesak keluar pada bagian anal.

Kondisi ini akan membuat sekitaran anal membentuk benjolan dan pada akhirnya membuat manusia kesusahan untuk duduk. Kondisi pembuluh darah yang sampai keluar akan memberikan rasa sakit yang luar biasa dan terkadang, apabila terkena gesekan akan menimbulkan darah. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan hemorrhoid eksternal.

Pada kondisi yang masih ringan, pembuluh darah ini masih bisa dimasukkan ke dalam tubuh. Namun apabila sudah parah, perlu dilakukan operasi untuk penyembuhan. Sebab kondisi yang sudah parah akan membuat penderitanya tidak dapat duduk akibat rasa sakit yang dirasakan.

Proses operasi dilakukan dengan memotong benjolan pembuluh darah tersebut dan kemudian menjahitnya. Efek dari operasi hemorroid eksternal yang telah parah akan membuat pasien tidak dapat buang air besar selama beberapa hari. Dan tentu saja akan sulit untuk duduk atau baring.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline