Lihat ke Halaman Asli

christi kevin kyken

Warrior God of Agriculture

Onagadori: Ayam Unik Asal Jepang

Diperbarui: 8 Desember 2023   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Pinterest.com)

Di dunia ini banyak sekali jenis hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan ini tersebar dan hampir ada di seluruh dunia. Keanekaragaman ini seperti sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia di Bumi.

Setiap hewan dan tumbuhan memiliki ciri khasnya masing - masing. Setiap ciri khasnya akan memberikan sebuah keuntungan bagi manusia.

Baik hewan maupun tumbuhan memiliki keunikan yang bisa diunggulkan. Salah satu makhluk hidup yang memiliki keunikan yaitu onagadori.

Onagadori merupakan ayam yang berasal dari Jepang yang memiliki ekor panjang. Onagadori termasuk ke dalam famili Phasianidae dengan nama ilmiah Gallus gallus. Onagadori merupakan ayam khas Jepang yang berasal dari provinsi Nagoya yang memiliki makna unggas ekor panjang.

Onagadori sangat terkenal pada masa pemerintahan Edo di kalangan samurai dan tuan tanah. Namun onagadori sempat mendekati kepunahan pada masa pemerintahan Meiji. Dengan ketenarannya onagadori dikenal sebagai ayam phoenix.

Onagadori sering dijadikan peliharaan dan ekor panjangnya menjadi simbol kekayaan dan status dari tuannya. Semakin indah ekor onagadori maka semakin tinggi pula status dari tuannya.

Ekornya yang panjang menjadi daya tarik pada onagadori. Hal ini membuat onagadori menjadi hewan peliharaan yang indah menjadi berfungsi sebagai penghias halaman rumah pemiliknya. Panjang ekor onagadori bisa mencapai 8 meter.

Kadang kala onagadori akan dipamerkan pada sebuah festival untuk adu kecantikan. Festival ini akan menaikkan derajat dari pemilik onagadori apabila memenangkan festival.

Onagadori tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Hal ini disebabkan sayapnya yang pendek dan bulu yang tidak aerodinamik, tidak seperti ras ayam lainnya. Badan onagadori juga terbilang cukup besar sehingga semakin mempersulit onagadori untuk terbang.

Onagadori ditetapkan sebagai Harta Karun Alam Nasional Jepang pada tahun 1952. Onagadori terbagi menjadi tiga jenis warna yaitu putih berdada hitam, merah berdada hitam, dan putih. Penelitian menunjukkan bahwa onagadori berwarna putih berdada hitam adalah jenis yang asli.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline