Lihat ke Halaman Asli

Reza Ahmad

Pria dengan berbagai keterbatasan.

Tips Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Diperbarui: 27 April 2018   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar : hollashop.com

Mengalami sakit mata tentu sudah pernah anda rasakan bukan ? Rasanya yang membuat anda tidak nyaman dan sangat mengganggu tentu sudah bukan hal biasa yang anda rasakan. Terlebih lagi hal ini sangat mengganggu berbagai macam aktivitas anda, karena memang kinerja mata sangat diperlukan dalam sehari-hari. Namun jika sakit mata terjadi, bagaimana cara mengobati sakit mata tersebut ?

Cara mengobati sakit mata tidak harus menggunakan banyak biaya, anda cukup menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar saja untuk mengatasi sakit mata tersebut, inilah beberapa tips mengobati sakit mata secara alternatif :

Kompres air hangat

Mengobati sakit mata dengan kompresan air hangat adalah satu cara yang paling gampang dilakukan untuk membersihkan debu, kotoran dan bakteri di mata. Untuk melakukannya bisa dengan menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air hangat lalu dikompreskan pada mata yang sakit, gunakan handuk yang dipakai bersih.

Bunga mawar

Cara mengobati sakit mata yang berikutnya adalah dengan bunga mawar, bunga yang cantik dan memiliki bau yang khas tentu favorit para wanita. Untuk menggunakannya yaitu dengan memasukkan bunga mawar ke dalam air dan gunakan air tersebut untuk menyembuhkan mata yang gatal dan memerah.

Irisan mentimun

Mentimun juga dapat mengobati sakit mata dan merah pada mata, karena sifat anti bakteri yang terdapat pada timun membuatnya sangat ampuh untuk mengatasi sakit mata seperti gatal dan merah pada mata, selain itu sensai kesegaran pada timun juga dapat meringankan kantung mata. Untuk cara menggunakannya cukup mudah, iris timun secara tipis dan tempelkan ke mata selama beberapa saat.

Madu

Selain khasiatnya dalam menambah daya tahan tubuh, madu juga efektif untuk mengobati sakit mata, terutama mata belekan. Cara menggunakannya bisa dengan pertama kali mencuci mata dengan kapas yang sudah dibasahi oleh air hangat, lalu oleskan madu pada bagian mata yang terkena belekan. Gunakan selama tiga kali sehari secara rutin sehingga mata menjadi pulih kembali.

Daun sirih

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline