Lihat ke Halaman Asli

Unik! Goa Kebon Jadikan Buku sebagai Oleh-oleh

Diperbarui: 29 Juni 2018   08:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

Belakangan ini Goa Kebon menjadi destinasi wisata yang cukup ramai di kunjungi terutama kalangan masyarakat Kulon Progo. Apalagi setelah Goa Kebon menjadi destinasi wisata pendidikan yang disahkan oleh pemerintah Kulon Progo pada 8 Agustus 2015 lalu. Pasalnya setelah disahakannya Goa Kebon sebagai wisata pendidikan membuat Goa Kebon menjadi ramai dikunjungi. Bahkan Goa Kebon sempat digunakan untuk lokasi syuting "My Trip My Adventure".

Dengan demikian Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta bersama dengan Kelompok Sadar Wisata Taman Tirta Wiyata Goa Kebon melakukan inovasi wisata dalam rangka mewujudkan wisata Goa Kebon sebagai Wisata Pendidikan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pengembangan Outbond dengan 6 paket Outbond yaitu paket original, paket edukasi, paket petualang, paket pertandingan, paket tradisional 1 dan peket tradisional 2.

Paket-paket outbond di Goa Kebon disusun sedemikian rupa agar menarik, bahkan lebih uniknya lagi, tak hanya menikmati paket Outbondnya saja, tetapi usai kegiatan Outbond pihak Goa Kebon memberikan buku Tanaman Herbal dan Buku "Outbond Asyik Ala GOPEN" sebagai oleh-oleh outbond di Goa Kebon.

Doc. Pribadi

"Dikasih oleh-oleh buku itu biar pengunjung yang ambil paket wisata nggak cuman bisa menikmati apa yang ada di Goa Kebon aja, tapi juga bisa belajar lebih lanjut dari apa yang udah dipelajari, kan yang dipelajari di Goa Kebon sudah ada di buku semuanya. Jadi nggak berhenti disini aja belajarnya" ujar Rini Yuliana

Dengan demikian, dijadikannya buku sebagai oleh-oleh Outbond Goa Kebon merupakan langkah awal dalam peningkatan edukasi bagi peserta didik, hal ini pun menjadikan Goa Kebon menjadi wisata berbasis edukasi yang berbeda dari wisata lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline