Lihat ke Halaman Asli

HMK ITERA AGUNG

Institut Teknologi Sumatera

Mahasiswa KKN-PPM Kelompok Berhasil Menyelesaikan Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Buana Sakti, Lampung Timur

Diperbarui: 2 Februari 2024   00:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kedatangan

Lampung Selatan, 01 Februari 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) -- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ITERA dari kelompok 148 telah sukses menyelesaikan program kerja selama periode ke-12 di Desa Buana Sakti, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Dengan durasi 1 bulan, tepatnya dari 28 Desember 2023 hingga 25 Januari 2024, kelompok ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan limbah dengan pendekatan ilmu alam dan teknologi.
Sebelum memulai program KKN-PPM, perwakilan kelompok beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) telah melakukan survey desa pada 25-26 November 2023. Survey ini menjadi dasar perancangan program kerja, yang melibatkan sektor-sektor seperti pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan pertanian.

Program kerja kelompok 148 mencakup pengolahan limbah menjadi barang bernilai ekonomis dan identifikasi wilayah melalui pemetaan. Beberapa program kerja yang berhasil dilaksanakan yaitu sosialisasi pembuatan selai kulit pisang, pemilahan sampah, sosialisasi dan pembuatan pupuk organik cair (POC), Eco-Enzyme, pestisida puntung rokok, bricket bonggol jagung, pembuatan peta administrasi dan guna lahan, analisis potensi bencana banjir, mitigasi bencana gempa. 

Dokumentasi Peta Guna Lahan

Dokumentasi Peta Administrasi

Dokumentasi Penyerahan Peta Potensi Banjir

Dua program kerja utama ini sukses dilaksanakan bersama dengan beberapa program tambahan seperti , re-branding desain kemasan untuk UMKM, peningkatan pendidikan, dan kepedulian kesehatan melalui sosialisasi PHBS. Mereka juga memberikan tutorial pengolahan data dan melakukan sosialisasi tanaman apotek hidup dengan siswa SDN 02 Buana Sakti.Puncak kegiatan KKN-PPM kelompok 148 berlangsung pada 23 Januari 2024 dengan perpisahan dan penyerahan peta informasi kewilayahan desa, desain tugu desa dalam bentuk soft file dan poster, serta piagam untuk kepala dusun. Sebagai tanda terima kasih, kelompok ini juga memberikan plakat kepada perangkat Desa Buana Sakti. Acara ditutup dengan sesi foto bersama, menandai keberhasilan kolaborasi mahasiswa dan masyarakat dalam menciptakan dampak positif melalui ilmu alam dan teknologi.

Dokumentasi Sertifikat Kepala Dusun

Dokumentasi Sertifikat Kepala Desa

Penyerahan Plakat

Dokumentasi Perpisahan & Penyerahan Luaran




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline