Lihat ke Halaman Asli

HMKI

Himpunan Mahasiswa Kearsipan Indonesia

Berita Acara Webinar "Kenal Dekat HMKI dan Bincang Arsip: Volume Arsip Organisasi"

Diperbarui: 23 Juli 2023   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi HMKI

Himpunan Mahasiswa Kearsipan Indonesia (HMKI) telah mengadakan kegiatan webinar kearsipan. Tepatnya pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2023 yang berjudul "Webinar Kenal Dekat HMKI dan Bincang Arsip: Volume Arsip Organisasi". Acara webinar ini merupakan salah satu program kerja Ruang diskusi Divisi Keilmuan dan Pengembangan yang berkolaborasi bersama program kerja Sapa HMKI dari Divisi  dilaksanakan secara online melalui media Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube HMKI. Webinar ini merupakan salah satu kegiatan dari program Ruang Diskusi, Divisi Keilmuan dan Pengembangan.

Pada acara webinar ini Bapak Andy Kurniawan A.Md atau akrab disapa Pak Andy.selaku Arsiparis Terampil Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya berkesempatan untuk menjadi narasumber. Pak Andy menjelaskan mengenai pengertian arsip, urgensi pengelolaan arsip, nilai guna arsip, peran penting arsip bagi organisasi, daur hidup arsip, kegiatan pengelolaan arsip, dan pengetahuan tentang kearsipan lainnya. Selain itu, acara webinar ini juga dihadiri oleh Bapak Syarif Makmur, M.Si dan Bapak Abdullah Shobri, SE., MAB. dari PN AAI selaku pembina HMKI, Bapak / Ibu KAPRODI dari semua region, ketua himpunan mahasiswa kearsipan dari semua region, dan Kak Devita Sari Tanjung selaku Ketua Umum HMKI.

Salah satu fokus yang dibawakan dalam webinar ini adalah memperkenalkan HMKI kepada masyarakat. Dalam Sapa HMKI menjelaskan mengenai apa itu HMKI, tugas dan fungsi serta divisi yang terdapat di lingkungan HMKI.

Pada sesi penyampaian materi yang dibawakan oleh Bapak Andy Kurniawan A.Md. Beliau menjelaskan mengenai pengertian arsip, urgensi pengelolaan arsip, nilai guna arsip, peran penting arsip arsip bagi organisasi, daur hidup arsip, kegiatan pengelolaan arsip dan masih banyak lagi. Diakhir sesi penyampaian materi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi secara langsung bersama narasumber.

Acara webinar ini mendapat respon antusiasme yang luar biasa dari para peserta. Tidak kurang dari 100 peserta mengikuti kegiatan ini baik melalui zoom meeting atau streaming youtube. Terselanggaranya acara webinar ini, diharapkan dapat memperkenalkan HMKI kepada masyarakat dan menjadi wadah upgrading pengetahuan kearsipan baik bagi pengurus HMKI ataupun masyarakat luas.

Dokumentasi Kegiatan :

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi HMKI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline