Lihat ke Halaman Asli

H.M.Hamidi

Berusaha Berdo'a Bersyukur Berpikir Positif

"Jus Tomat & Pepaya Goreng" Sajian Berbuka Puasa bagi Keluarga

Diperbarui: 11 Mei 2020   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.hamidi72np3k

Tanpa terasa hari ini Senin, 11 Mei 2020 adalah hari kedelapan belas kita berpuasa dibulan Ramadan. Berbagai kegiatan telah kita lalui mulai hari pertama berpuasa hingga hari ini. Banyak cerita yang bisa ditulis untuk menabur kebaikan agar dikenang oleh anak cucu. Kegiatan rutin yang kita lakukan selama puasa merupakan bahan untuk menyampaikan pesan melalui tulisan mulai dari persiapan berbuka puasa hingga sahur bersama.

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu tunggu ketika sedang berpuasa, berbagai kegiatan dapat dilakukan, tidak terkecuali menu untuk berbuka puasa.

Sajian untuk berbuka puasa bagi keluarga menjadi kegiatan rutin yang harus disiapkan. Berbagai menu telah dicoba, disajikan ketika saat berbuka puasa tiba.

Pilihan menu yang tepat menjadi penentu selera berbuka. Setelah sehari penuh menahan lapar dan dahaga. Buah buahan dan makanan ringan selalu menjadi pilihan.  

Buah tomat dan buah papaya sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa ditengah mewabahnya Virus Corona. Berbagai manfaat yang terkandung didalamnya menjadikan tubuh tetap segar dan sehat ketika berpuasa.

Dilansir dari tribunnews.com 31/03/2020. Buah Tomat kaya akan kandungan likopin yakni antioksidan yang diketahui dapat melawan kanker dan berbagai panyakit lainnya. Sedangkan papaya yang berukuran 140 gram dapat mengandung 1 miligram vitamen E yang berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat memerangi berbagai penyakit, pepaya juga dapat mencegah peradangan dan gangguan pencernaan.

Papaya dan tomat adalah buah yang sangat mudah diperoleh di pasar pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Harga buah tomat dan buah pepaya ditempat saya yaitu sekitar Rp 5.000,- perkilogram sedangkan pepaya yang berukuran sedang Rp 10.000,-/biji. Dengan harga tersebut dapat diolah menjadi makanan dan minuman untuk berbuka puasa yang cukup untuk satu keluarga.

Manfaat dari buah tomat dan buah papaya yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh kita dapat dijadikan alternatif pilihan untuk takjil selama bulan Ramadan. Dengan demikian kesegaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadan dapat kita pertahankan hingga dipenghujung bulan penuh kasih sayang dan pengampunan. 

Sambil menunggu Azan Magrib tiba, membuat Jus Tomat dan Pepaya Goreng sangat tepat  untuk sajian berbuka. Harga murah, cara pembuatannya sederhana dapat dilakukan oleh siapa saja. Hanya menyiapkan buah tomat, gula, air dingin dan susu kaleng secukupnya, lalu diblender jadilah sajian Jus Tomat yang memancing selera.

Membuat pepaya goreng sedikit lebih lama, dikupas, diiris terlebih dahulu, siapkan minyak goreng, tepung terigu dan air sebagai adonan, masukkan papaya yang telah diiris. kemudian digoreng dengan wajan. Jadilah pepaya goreng yang siap disajikan.

Selamat Mencoba... 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline