Lihat ke Halaman Asli

Hizkia Hotnia Tambun

Mahasiswi Univesitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI2021: Penguatan dan Pendampingan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 17 Juli 2021   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penguatan dan Pendampingan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 melalui KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia 2021

Munculnya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 dapat mengubah pola kehidupan di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Pandemi Covid-19 masuk pertama kali di Indonesia pada bulan Maret 2020. Sejak saat itu juga pola kehidupan masyarakatnya pun ikut berubah. Dan sudah satu tahun lebih pandemi Covid-19 melanda seluruh negara di dunia, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda kapan pandemi ini akan berakhir. Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak terhadap semua sektor kehidupan, tak tekecuali dalam sektor pendidikan.

Sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk memberlakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran daring dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19. Sistem Pembelajaran Daring diberlakukan untuk semua tingkatan sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan juga Perguruan Tinggi.

Penerapan pembelajaran daring akibat pandemi ini memberikan dampak positif dalam pendidikan, dimana terjadi pemanfaatan teknologi untuk pembelaajaran secara masif. Namun, penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh ini mendapat respon yang beragam dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari guru, orang tua, dan siswa juga. Mereka merasa bahwa banyak kendala yang dialami saat diberlakukannya pembelajaran daring ini. Guru merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan teknologi yang ada, orang tua yang merasa sulit membimbing anaknya saat belajar dalam materi-materi tertentu, dan siswa yang belum terbiasa dengan sistem pembelajaran ini.

Berdasarkan fakta yang ada di masyarakat dan permasalah yang ada, Unversitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan program KKN secara daring dengan tema "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19". Dimana mahasiswanya diperboleh untuk memilih salah satu programnya antara pendidikan atau ekonomi. Program KKN secara daring ini juga diberlakukan karena mengingat tingginya pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan program KKN secara langsung dan terjun ke lapangan untuk membangun desa.

Mahasiswa yang memilih program KKN dalam bidang pendidikan, diharapkan dapat membantu dan mengedukasi masyarakat terkait dengan permasalahan yang di hadapi. Dalam program KKN bidang pendidikan, ada berbagai macam program yang harus dilakukan oleh mahasiswa diantaranya adalah penguatan pembelajaran daring, pendampingan pembelajaran daring siswa, pendampingan orang tua dalam membimbing anak dalam pembelajaran daring, dll. Dimana sasaran dari program KKN bidang pendidikan ini adalah 2 orang guru, 10 orang siswa, dan orang tua siswa 10 orang.

Tak jarang masih banyak guru yang masih belum terlalu paham untuk menggunakan teknologi di masa sekarang ini. Apalagi pada masa pandemi sseperti ini, teknologilah yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dalam program penguatan pembelajaran daring, diharapkan mahasiswa dapat memberikan edukasi pemanfaatan teknologi dan mendampingi dan membantu guru tersebut agar dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara daring, sehingga kegiatan belajar mengajar tetap dapat berjalan. Contohnya seperti mahasiswa membantu dan mengedukasi guru bahwa untuk perihal absensi bisa menggunakan google form agar lebih mudah, mengedukasi bagaimana cara memanfaatkan dan mengelola aplikasi google classroom, dll.

Sementara untuk program pendampingan siswa, dapat dilakukan dengan membantu permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Pada masa pandemi seperti ini, tentuk ada saja siswa kesulitan dalam materi pembelajaran karena buku yang terbatas atau masalah-masalah lainnya. Dalam program ini diharapkan mahasiswa dapat mencarikan solusi dari setiap permasalahan tersebut.

Dan untuk program pendampingan orang tua, tentu saja ada orang tua yang mengalami kesulitan selama berlangsungnya pembelajaran daring. Mulai dari yang kesulitan karena bekerja sehingga tidak bisa mendampingi anaknya atau kesulitan dalam materi pembelajaran anak, dll. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa dapat membantu dan berbagi informasi yang bermanfaat seperti cara belajar efektif atau cara mendapingi anak belajar selama pandemi sehingga orang tua siswa dapat mendampingi anaknya dalam pembelajaran daring.

Dengan terlaksananya program KKN Tematik dalam bidang pendidikan ini diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat dalam hal pembelajaran daring. Sehingga pembelajaran daring dapat tetap terlaksana dengan baik sehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline