Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Ekonomi Makro

Diperbarui: 9 Oktober 2021   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Persoalan ekonomi sudah tidak asing lagi bagi kehidupan masyarakat karena kehidupan masyarakat dan kegiatan ekonomi adalah dua hal yang selalu berkaitan. 

Masyarakat tidak bisa terlepas dari kegiatan ekonomi, kenapa? Karena sejak mereka terlahir mereka sudah mempunyai banyak kebutuhan yang harus mereka penuhi. Apasih kegiatan ekonomi itu? Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam rangka untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Secara umum kegiatan ekonomi dibagi menjadi 3 yaitu: produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga kegiatan tersebut saling berkesinambungan . 

Pada era saat ini (modern) kegiatan ekonomi sangat dipengaruhi oleh adanya campur tangan kebijakan pemerintah, sistem manajemen, sumber daya manausia, dan sumber daya alam.

Dari semua itu menjadi satu kesatuan dalam sebuah sistem bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Apabila jika sistem tersebut tidak berjalan dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat juga tidak baik.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangakan untuk proses produksi. Sumber daya alam ini merupakan sebuah modal yang sangat besar bagi keberlangsungan hidup manusia.

Negara indonesia merupakan negara yang termasuk negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Seperti pertanian, perikanan, peternakan pertambangan dan sebagainya. 

Hal tersebut menjadi modal yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat diindonesia. Berkenaan dengan hal tersebut, sumber daya alam yang dipandang berpotensi meningkatkan perekonomian di Negara Indonesia adalah :

1.Air
Air yang berada di daratan maupun dilautan Merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dalam perekonomian suatu negara, khususnya Negara Indonesia. Luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Indonesia adalah Negara dengan luas perairannya lebih besar dari pada luas daratannya, maka dari itu Indonesia disebut sebagai Negara Maritim. Banyak kekayaan yang tersimpan di lautan Indonesia, seperti terumbu karang, tumbuhan laut, ikan, udang, dan lain sebagainya. Luas terumbu karang di lautan Indonesia mencapai 50.875 km2 dan telah menyumbang 18% total luas terumbu karang dunia (KKP, 2019).

Misi pemerintahan Indonesia kedepannya adalah mewujudkan Negara Indonesia sebagai negara maritim dunia. Maka dari itu, perlu kerja keras dari seluruh masyarakat khususnya pemerintah Negara Indonesia untuk senantiasa menjaga keamanan dan melindungi sumber daya laut. Tapi,  ada masalah besar yang menimpa lautan Indonesia, yaitu adanya penyerobotan penangkapan ikan ilegal dari negara lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline