Lihat ke Halaman Asli

Hioe Cindy

Mahasiswi

Lingkaran Tahun Bukan Lagi Jaminan

Diperbarui: 24 September 2017   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat datang kembali para pembaca setia Kompasiana. Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali membahas salah satu topik mengenai hal yang berbau Biologi. Seperti yang sudah tercantum pada judul saya yaitu "Lingkaran Tahun bukan Lagi Jaminan", kali ini saya akan memberi beberapa alasan ilmiah yang logis mengenai topik yang akan saya bahas ini. Untuk itu, sebelumnya mari kita membahas terlebih dahulu mengenai jaringan tumbuhan dan lingkaran tahun yang merupakan komponen utama dari pembahasan ini.

Seperti yang kita ketahui, tumbuhan dibedakan menjadi 2 macam yaitu tumbuhan monokotil (berkeping  1) dan tumbuhan dikotil (berkeping 2). Selanjutnya, saya akan membahas mengenai jaringan pada tumbuhan.  Jaringan adalah sekumpulan sel yang saling berinteraksi dan memiliki fungsi serta sifat yang sama.  Seperti halnya pada tumbuhan, sel-sel tumbuhan yang memiliki sifat dan fungsi yang sama akan membentuk suatu jaringan tumbuhan. Berdasarkan aktivitas pembelahan sel dan sudah belumnya terdeferensiasinya, jaringan tumbuhan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen.

 Jaringan meristem adalah jaringan yang aktif melakukan pembelahan dan belum terdeferensiasi.

Ciri-ciri jaringan meristem adalah:

Memiliki banyak sitoplasma.

  • Berdinding sel tipis.
  • Ukuran sel kecil.
  • Merupakan jaringan embrional.
  • Susunan sel rapat.

Jaringan meristem dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya dan lokasinya. Berdasarkan asalnya, dibedakan menjadi meristem primer dan meristem sekunder. Jaringan meristem primer adalah jaringan tumbuhan yang telah ada sejak tumbuhan masih embrio (promeristem). Sedangkan meristem sekunder adalah jaringan dewasa yang meristematis. Selanjutnya berdasarkan lokasinya. Berdasarkan lokasinya pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral. Meristem apikal terdapat di ujung batang dan ujung akar. Meristem interkalar terdapat diantara jaringan dewasa. Dan terakhir adalah meristem lateral yang terdapat di korteks batang.

Selanjutnya adalah jaringan permanen. Jaringan permanen adalah jaringan yang sudah mengalami diferensiasi.

Ciri-ciri jaringan permanen adalah:

  • Terdapat ruang antar sel.
  • Selnya tidak aktif membelah.
  • Mengalami penebalan pada dinding sel yang sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan fungsinya, jaringan permanen dibedakan menjadi jaringan pelindung, jaringan dasar, jaringan gabus, dan jaringan pengangkut. Jaringan pelindung terdiri atas epidermis. Jaringan dasar dibedakan menjadi 2 yaitu jaringan parenkim dan jaringan penyokong (kolenkim dan sklerenkim). Jaringan pengangkut terdiri atas floem dan xilem. Dan jaringan gabus terdiri atas felem dan feloderm.

Setelah membahas mengenai jaringan tumbuhan, sekarang kita akan membahas tentang organ tumbuhan khususnya batang. Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang memiliki tujuan dan peranan yang sama. Kali ini saya akan membahas lebih tentang batang. Batang merupakan salah satu organ vegetatif pada tumbuhan. Batang memiliki fungsi untuk menopang daun, bunga, dan buah. Batang memiliki 3 bagian pokok yaitu epidermis, korteks, dan silinder pusat. Pada batang dikotil, ketiga bagian ini tampak lebih jelas daripada pada batang monokotil.

Pertumbuhan tumbuhan juga dipengaruhi oleh aktivitas pembelahan selnya (meristem). Maka juga dibedakan menjadi pertumbuhan secara primer dan secara sekunder. Secara primer akan tumbuh ke atas dan bawah yang dilakukan oleh ujung batang dan ujung akar. Sedangkan secara sekunder akan tumbuh ke samping yang dilakukan oleh kambium.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline