Lihat ke Halaman Asli

Adi Guna

Mahasiswa

Etika Berkomunkasi di Lingkungan Kerja

Diperbarui: 19 November 2022   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berikut adalah etika yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi di dunia kerja :

Ucapan suara yang jelas

Saat berkomunikasi dengan rekan kerja ucapan harus jelas sehingga informasi akan mudah diterima oleh lawan bicara. Karena ucapan yang kurang jelas bisa menyebabkan pesan yang disampaikan tidak dapat diterima dengan baik sehingga dapat menyebabkan kesalahpahaman.

Menggunakan bahasa yang tepat

Dalam berkomunikasi yang menjadi poin utama adalah pemilihan bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi antar rekan kerja. Disarankan pemilihan bahasa menggunakan bahasa yang formal, karena bahasa formal merupakan bahasa yang paling aman dan mempunyai kesan untuk rasa saling menghargai didalamnya.

Gunakan bahasa tubuh

Bahasa tubuh saat berkomunikasi dapat memperkuat arti pesan yang akan disampaikan. Salah satu contohnya adalah menggelengkan kepala ketika tidak menyetujui sesuatu. namun kita perlu berhati-hati menggunakan bahasa tubuh karena bahasa tubuh yang tidak tepat dapat menyinggung lawan bicara.

Jangan membahas topik yang sensitif

Saat berkomunikasi disarankan agar topik pembicaraan di lingkungan kerja tetap netral. Kita harus bisa menahan diri dari pembahasan yang sensitif seperti agama, politik dan lain-lain agar tidak menyinggung siapa pun. Terkadang ide yang baik untuk membahas sebuah kejadian terbaru dengan tujuan mengakrabkan diri dengan rekan kerja. 

Namun, kita tidak tahu apa yang sebenarnya mereka pikirkan? Oleh karena itu, menghindari membahas topik sensitif merupakan sesuatu yang tepat ketika berkomunikasi dengan rekan kerja.

Setinggi apapun kemampuan seseorang tidak ada artinya jika tidak memiliki etika dalam berkomunikasi. Oleh karena itu , setiap orang wajib mengerti bagaimana cara menerapkan etika komunikasi yang baik di lingkungan kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline