Lihat ke Halaman Asli

Himawan

https://himfiles.blogspot.com/ ....... https://opensea.io/himpersada

HIMpersada20: 7-13 Juli 2024 ( Daftar "Best Video" Versi MTV Indonesia 2000-2009)

Diperbarui: 8 Juli 2024   07:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi @himpublik

Bagi para pembaca yang termasuk generasi anak nongkrong sejak era 90an, tentu tidak asing dengan siaran MTV yang merambah masuk ke stasiun tv nasional, tepatnya di ANteve mulai tahun 1993 lewat berbagai program MTV Asia yang sebelumnya hanya tersedia di layanan tv berbayar. 

Barulah pada tahun 1995, dalam rangka memperkuat ekspansi guna merengkuh pemirsa muda tanah air yang gemar mantengin acara musik televisi, maka dibentuklah MTV Indonesia dengan banyak memproduksi konten lokal. Tahun 2002, siaran MTV Indonesia kemudian beralih ke Global TV ( kini bernama GTV ) dan kemudian pamit mundur dari di penghujung tahun 2011 dari salah satu stasiun televisi milik grup MNC tersebut.

Tadinya penulis tengah mencari artikel terkait daftar pemenang juara umum tahunan di ajang penghargaan yang khusus mengapresiasi videoklip musik bergengsi di kisaran dekade 90an, apalagi kalau bukan : Anugerah Video Musik Indonesia ( kala itu dikenal juga dengan singkatannya : VMI ). 

Ketika itu acara musik yang tayang perdana lewat kanal TVRI tersebut menjadi barometer tentang bagaimana secara artistik sebuah videoklip menterjemahkan lirik lagu dan aransemen musiknya ke dalam bentuk visual yang bisa dinikmati pemirsa televisi. 

Bahwa videoklip bukan lagi sebatas media promosi semata, namun juga sebuah bentuk karya musisi untuk mewariskan sepenggal perjalanan karir musik mereka dalam format digital bagi generasi berikutnya kelak. Btw ... kalau ada pembaca yang punya (link) info daftar juara videoklip versi VMI tersebut, silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini yach.

Berhubung masih belum ketemu datanya terkait VMI ini, jadi deh "terdampar" ke artikel penghargaan videoklip musik tanah air yang pernah dibuat MTV Indonesia periode 2000 -- 2009 ( absen di warsa 2004 dan 2007 ). Tentu kategori penghargaan yang diberikan pada event tersebut tidak hanya sebatas "best video" saja, namun dalam kesempatan kali penulis cukupkan untuk satu kategori yang menjadi prestise tersendiri. Jadi silahkan dicek daftar pemenang tahunannya dibawah ini. Selamat ber-flashback ria.

 

Video of the year 2000 : Kuldesak ( Ahmad Dhani & Andra Ramadhan )


 

Video of the year 2001 : Posesif ( Naif )


 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline