Lihat ke Halaman Asli

Himawan

https://himfiles.blogspot.com/ ....... https://opensea.io/himpersada

HIMpersada20: 12 - 18 November 2023 (10 Nov 2023 dalam Catatan Musik)

Diperbarui: 13 November 2023   08:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi @himpublik

Jum'at, 10 November 2023. Setidaknya ada 4 peristiwa musik yang hendak penulis kupas dalam artikel kali ini, namun ada 1 insiden yang sepertinya menjadi trending topic yang bertepatan dengan peringatan hari pahlawan tersebut.

Kita mulai dari perayaan konser emas 50 tahun God Bless yang berjalan sukses di Istora Senayan. Senang banget saat menyaksikan mereka bisa berkolaborasi satu panggung dengan para lady rocker di jamannya seperti : Nicky Astria dan Anggun. Dalam kesempatan bersejarah itu, band rock progresif tersebut dianugerahi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai "Band Rock Tertua yang Masih Eksis". Usia hanya angka, namun realitasnya permainan musik mereka tetap gahar dan energik. Mantap !

Lanjut ke The Kasablanka Hall di bilangan Jakarta Selatan, ada salah satu member grup Kpop yang menghelat konser tunggal per Jum'at lalu. Salahsasatu personel Super Junior, Yesung menghelat pertunjukan bertajuk "Unfading Sense" ini sebagai rangkaian tur Asia-nya yang akan berlanjut ke Jepang, Filipina, dan Makau.

Pindah ke Surabaya, tepatnya di Stadion Gelora Bung Tomo. Khusus pembukaan event sepakbola Piala Dunia U-17 ini, panitia berinisiatif menyajikan opening ceremony yang berlangsung sekitar 8 menit. Dengan durasi sesingkat itu ada 2 artis yang tampil, yakni : Aurelie Moeremans yang membawakan lagu "No comment" dan "Rungkad" dan Wika Salim yang melantukan "Bersama Garuda" ( We Are Together ). Untuk lagu yang yang penulis sebut terakhir dijadikan theme song timnas kelompok umur 17 tahun dalam ajang laga turnamen kelas dunia ini. 

Last, but not least ... Konser Bring Me The Horizon (BMTH) yang bertempat di Beach City International Stadium Ancol ini berakhir ricuh. Perhelatan band rock asal Inggris yang terbentuk sejak tahun 2004 yang seharusnya berlangsung 2 hari harus terhenti di hari pertama. Dari perkiraan setlist 19 lagu yang seharusnya dibawakan, hanya 11 tembang yang tersaji langsung di hadapan para penggemarnya. Sisanya adalah jeda 30 menit dengan kekosongan panggung, dilanjut keterangan promotor bahwa konser berhenti karena alasan teknis, dan luapan ketidakpuasan penonton dengan menuntut refund.

Penulis jadi teringat cerita kacau balaunya festival "Berdendang Bergoyang" yang dihelat tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28-30 Oktober 2022 di Istora Senayan dan Parkir Selatan GBK. Puluhan orang sempat pingsan karena membludaknya penonton yang datang. Ada dugaan panitia menjual tiket melebihi kapasitas lokasi pertunjukkan sehingga diputuskan pertunjukkan hari ketiga dibatalkan. 

Untuk cerita kisruh konser BMTH kemarin, ada keterangan dari sang vokalis, Oliver Sykes yang bisa disimpulkan mengenai seputar kekuatiran karena kondisi panggungnya bergoyang, video monitor dan speaker-nya bergetar. Jadi dalam ini terkait dengan faktor keamanan, kenyamanan, dan kualitas audio di venue. Kiranya ini menjadi pengalaman berharga bagi para EO dan promotor musik untuk piawai men-setting kelayakan lokasi pentas dengan karakteristik musisi yang tampil. 

Btw, semoga untuk konser Coldplay yang akan perform per Rabu lusa 15/11/23 ini berlangsung mulus dan memorable. Kiranya artis internasional lainnya nggak kapok buat datang ke Indonesia dan mendukung ekosistem music-tourism di tanah air.

Disclaimer : 

Weekly-chart yang saya buat ini bersifat subyektif adanya ( tanpa pengaruh endorse label maupun tim manajemen artis manapun ), jadi kalau ada beberapa tembang favorit anda yang mungkin tidak ada di daftar tangga lagu ini, harap maklum adanya. Namun tiap minggunya, saya tetap pantau juga beberapa chart radio yang menjadi referensi materi dalam meng-update penyusunan lagunya. Terima kasih.

Kritik, kontak & kerjasama : jukeboxlist@yahoo.co.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline