Sambil menunggu babak grand final dan result show America's Got Talent 2023 yang akan tayang di pertengahan pekan ini, ada kemeriahan pentas musik yang sukses terselenggara akhir minggu lalu. Dengan target pasar penikmat musik yang berbeda, publik Jakarta dan sekitarnya disuguhi animo pengunjung yang membanjiri Pestapora di Gambir Expo Kemayoran versus antusiasme kpopers yang menghadiri SMTown Live 2023 SMCU Palace Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Untuk artikel kali ini, penulis berfokus pada event yang digelar dengan dresscode pakaian batik tersebut. Hajatan yang pernah hadir 11 tahun lalu itu kembali dengan mengusung line up artis unggulan, yakni : TVXQ, Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV. Aespa, & RIIZE. Sempat vakum selama 3 tahun karena pandemik covid, konser yang digawangi oleh agensi hiburan asal negeri ginseng ini mulai kembali diadakan di Tokyo Dome Jepang pada tahun 2022.
Penjualan tiketnya sendiri sudah digelar sejak awal bulan Agustus 2023 dengan kategori pre-sale yang menggandeng Bank KB Bukopin. Meski tidak seheboh saat fans berburu tiket konser BlackPink maupun antri war tiket Coldplay yang akan manggung kurang dari 2 bulan di venue yang sama, namun minat para fans tetaplah tinggi. Terlebih konser SMTown Live 2023 kali ini menjadi satu-satunya di kawasan Asia Tenggara, jadi pastinya bakal jadi pengalaman seumur hidup tanpa harus bersusah payah mengurus akomodasi ke luar negeri.
Saat penulis mencari tahu tentang perhelatan SMTown Live 2023 ini, selain tersedia bagi penonton offline, eh ternyata bagi mereka yang tidak kebagian tiket atau merasa kejauhan untuk datang langsung ke lokasi konser, ada penawaran bagi para penggemar untuk menyaksikannya berbarengan pada tanggal 23 September 2023 secara online lewat media streaming ( BeyondLive & WeVerse ). Bagi yang tidak sempat lihat tayangan langsungnya, ada pilihan paket siaran tunda yang bisa disimak pada tanggal 28 September 2023.
Peristiwa nonton online agar tidak ketinggalan nonton konser musisi favorit mungkin bukan barang baru, namun masih sedikit management artis maupun promotor musik dalam negeri yang memanfaatkannya. Contoh yang paling dekat, tentunya pembaca masih ingat ketika Dewa 19 membuat konser "Pesta Rakyat : 30 Tahun Berkarya" di Jakarta International Stadium pada Februari 2023 silam juga membuka kesempatan bagi para baladewa yang kehabisan tiket nonton ke JIS dengan membuka akses nonton streaming-nya dengan bandrol yang cukup terjangkau, yakni Rp 75 ribu.
Jadi ... mungkin tahun depan saat keriuhan pemilu sudah usai, banyak panitia pertunjukkan musik akan menyediakan paket nonton langsung yang bisa diakses dari perangkat streaming apapun. Entah itu dinikmati via mobile gadget saat orang sedang beraktifitas di luar rumah maupun lewat tv pintar tanpa penggemar harus berjibaku susah payah kena macet ke lokasi konsernya.
Lha wong, pertandingan sepakbola dan olahraga lainnya saja bisa bernilai jual kok untuk tayangan streaming lewat platform aplikasi, kini giliran konten hiburan yang bersifat universal semacam konser musik (lokal) pun semestinya mampu di-monetize juga dalam format tayangan digital online secara resmi untuk merengkuh pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke mancanegara.
NB : penulis kutipkan videoklip resmi "It's only me" dari penyanyi aslinya, Kaleb J. Hits singel ini dirilis sekitar akhir tahun 2020. Tembang yang baru viral di pertengahan tahun 2021 ini, versi cover-nya sempat dibawakan oleh grup WayV di ajang SMTown Live 2023 loch. Hhhmmm... sepertinya boleh nih kapan-kapan bikin topik seputar lagu pop Indonesia yang pernah dibawakan oleh beberapa musisi asal Korea :)