Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Karya Sastra di Era Globalisasi

Diperbarui: 16 Desember 2022   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era globalisasi saat ini banyak sekali perubahan yang terjadi diseluruh dunia mencakup dalam perkembangan zaman, secara tidak sadarpun perkembangan pada saat ini sudah semakin meningkat dangan pesat. Dimana globalisasi saat ini membawa pengaruh sangat besar terhadap struktur pendidikan dan teknologi. 

Dalam era globalisasi saat ini, manusia dituntut untuk memiliki daya saing, kualitas dan kompetensi yang tinggi baik dalan moral maupum iptek dan memberikan pemikiran-pemikiran yang dapat bermanfaat Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak perubahan yang dialami. Dengan adanya teknologi saat ini bisa dimanfaatkan untuk belajar maupun berbagi ilmu pendidikan seperti karya sastra.

karya sastra adalah sebuah karya ciptaan pengarang yang menceritakan tentang perasaan, pengalaman, ide, kisah atau pemikiran. karya sastra menjadikan suatu hal yang sangat indah untuk dipandang atau digunakan menjadi sebuah karya ilmiah. Karya sastra memiliki banyak peran pada era globalisasi saat ini.

Karya sastra ini mempunyai peran dalam sebuah proses perubahan terutama perubahan dunia. Perkembangannya pun sudah sangat lama di Indonesia karena terbukti dengan adanya teknologi yang memunculkan buku-buku dari hasil pengarang. Jika generasi selanjutnya bisa mengembangkan karya sastra-karya sastra yang sudah punah maka akan menjadikan posisi sastra akan lebih maju kedepannya dan bisa saja generasi selanjutnya membuat atau menerbitkan sebuah karya sastra untuk memperkuat posisi sastra di era globalisasi saat ini. 

Oleh karena itu kecanggihan teknologi banyak dimanfaatkan oleh para generasi-generasi. Hingga saat ini sudah banyak orang yang menulis karya-karya sastranya lewat teknologi yang ada walaupun karya nya belum bisa untuk di bukukan, seperti menulis di aplikasi wattpad, fizzo novel dsb.

Sastra memperoleh pengaruh sangat besar kepada kehidupan masyarakat karena antara sastra sastra dapat hadir adanya perubahan sosial masyarakat demikian pun sebaliknya perubahan sosial masyarakat dapat berpengaruh terhadap sebuah karya sastra Karya sastra juga menjadi sarana hiburan untuk membaca novel, cerpen ataupun puisi diwaktu senggang.

Maka karya sastra menjadi media untuk mengatasi kepenatan atau kesumtukan dalam kehidupan. Selain itu karya sastra dapat menjadi sarana untuk mengajak generasi selanjutnya untuk lebih rajin membaca. Dengan itu mereka akan merasa memiliki rasa andil dalam pengaruh perkembangan karya sastra.

Perkembangan sastra di era globalisasi ini akan terus berdampak besar jika generasi penerusnya terus mengembangkan karya-karya dari para tokoh-tokoh sastrawan dahulu dan terus melestarikan karya sastra ke seluruh Indonesia maupun dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline