Lihat ke Halaman Asli

Why Marketing???

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13800313371017055249

Why Marketing???

Kerap kali kita sebagai mahasiswa ekonomi berfikir bahwa seseorang yang sedang mendalami ilmu tentang manajemen pemasaran/marketing ujung-ujungnya akan bekerja menjadi sales promotion. Benarkah demikian? Apakah sama perlakuannya dan apakah samapula jobdesk yang digeluti antara “Sales and Marketing”??? kami akan sedikit mengulas topik kali ini, “WHY MARKETING?”.

1.Mahasiswa yang sedang mendalami ilmu manajemen pemasaran bukan berarti mereka hanya bisa bekerja menjual produk di sebuah perusahaan orang lain, melainkan bekerja diluar itupun sah-sah saja. Misalnya di Bank, BUMN, Departemen Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak, dan lain-lain juga bisa asal sesuai dengan basic yang mereka tekuni dan senangi. Toh nantinya ketika lulus, gelar yang disandang tetap SE (Sarjana Ekonomi) bukan SP( Sarjana Pemasaran).

2.Marketing it’s not Sales!

Yang dimaksud dengan Marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang diarahkan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan Sales adalah kegiatan yang dikhususkan untuk fokus pada penjualan produk, dan bertujuan  meningkatkan penjualan produk tersebut. Dalam Pekerjaan misal: Credit Officer , Supporting Sales (Display) , Event Marketing (EO).

Point Plus!!!

Tentunya bagi mahasiswa manajemen pemasaran akan mendapatkan point plus nih:

1.Business Experience

2.Be a big family

3.English

4.Teknik Presentasi (Share)

5.Mindset (Analitical Skill)

Salam: Anak Marketing  dan Bapak Setyo Pantawis, SE, MM (STIE Bank BPD Jateng Semarang)

(24 Sep. 13)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline