Lihat ke Halaman Asli

Penggantian Jembatan Perningkloji Memasuki Tahap Akhir

Diperbarui: 18 November 2023   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Foto Pribadi

Jembatan perningkloji yang terletak di desa perning kecamatan jetis kabupaten Mojokerto, sudah memasuki tahap akhir. Penggantian jembatan yang dimulai pada awal mei dan selesai pada desember. Setelah pemasangan girder sudah tuntas kini dilanjutkan dengan pemasangan tulangan untuk plat lantai jembatan dan trotoar.

Pemasangan girder sendiri dilakukan dengan metode gantry dan perancah. Pemasangan ini dilakukan oleh PT. Jatra Sejahtera dan PT. DSI. Girder yang digunakan adalah PCI Girder. PCI girder adalah singkatan dari “Pre-stressed Concrete I-Girder”, yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai balok beton prategang berbentuk I. PCI girder adalah komponen struktural yang umum digunakan dalam konstruksi jembatan.

PCI girder terbuat dari beton prategang, yang berarti bahwa beton di dalamnya diberikan tegangan sebelum digunakan. Tegangan ini diberikan melalui serangkaian kabel prategang yang ditanam di dalam beton. Proses prategang ini membantu meningkatkan kekuatan dan kekakuan girder, sehingga mampu menahan beban yang diterapkan pada jembatan. Jembatan perningkloji akan ada 8 girder yang terpasang dengan 19 strand pada masing-masing tendon dan 1 strand untuk diafragma. Setelah girder terpasang dilakukan pemasangan tulangan untuk pelat lantai kendaraan dan trotoar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline