Lihat ke Halaman Asli

HIMAGRI UMM

PERIODE 2021

Pengabdian Masyarakat Melalui Pojok Baca di Desa Jodipan

Diperbarui: 9 Juli 2023   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Himpunan Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang tepatnya bidang Pengabdian Masyarakat melaksanakan program kerja nya yang mengusung tema pengabdian masyarakat, pengabdian masyarakat ini bertepatan di desa Jodipan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang terdapat di desa jodipan salah satu potensi yang di ambil sebagai topik yaitu meningkatkan literasi dengan adidaya pojok baca. Pojok baca merupakan suatu sudut ruang  yang dilengkapi dengan rak buku atau box buku serta berbagai koleksi buku yang menarik bagi anak yang berperan sebagai perpanjangan fungsi dari perpustakaan. Melalui pojok baca anak anak di desa tersebut dilatih untuk membiasakan membaca buku.

Pemanfaatan sudut ruang untuk dijadikan pojok baca juga sebagai penunjang dari pengetahuan. Selain membaca, meminjam dan menjelajah sumber ilmu dari perpustakaan sekolah, anak anak di desa juga bisa memanfaatkan pojok baca di rumah mereka masing-masing. Buku yang terdapat pada rak buku pojok baca adalah buku koleksi dari berbagai sumber. Bidang pengabdian masyarakat sendiri memberikan ide kepada warga desa untuk menanggulangi masalah tersebut dengan melakukan pengelolaan pojok baca agar daya minat literasi pada anak anak dapat terus berjalan.

Himpunan mahasiswa agribisnis mengajak warga desa untuk ikut serta memeriahkan dalam kegiatan ini dengan mengumpul kan di salah satu tempat untuk uji coba pelaksanaan pojok baca Bersama anak anak desa ini nantinya di harapkan dapat menjadi salah satu sumber pengetahuan dari desa sumbergondo sendiri sehingga nanti nya warga memiliki kegiatan tambahan dan ilmu pengetahuan dari pojok baca ini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline