Lihat ke Halaman Asli

HIMA ESP FEB UNPAD

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran

Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Startup

Diperbarui: 14 Desember 2023   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

by : Sultan Sadek e!22

StartUp merupakan suatu terobosan di Indonesia untuk memajukan pendapatan negara yang pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan profit sebanyak - banyaknya. Namun, apakah kalian tahu bahwa perusahaan Startup memiliki cara yang unik untuk meningkatkan angka pendapatan mereka, salah satunya ialah dengan memanfaatkan kemajuan zaman melalui peningkatan teknologi.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang melakukan pendorongan kepada rasio kewirausahaan hingga angka 3.95 persen di tahun 2024 mendatang. Seluruh pihak pun ikut serta untuk aktif dalam mencapai target tersebut seperti Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) untuk menciptakan usaha - usaha rintisan baru. 

Indonesia menargetkan untuk menciptakan 1000 technopreneurs yang baru dari 2600 yang sudah ada, terbesar kelima di dunia. Focus dari StartUp yang baru beragam macamnya, tetapi dapat dibagi menjadi 3 kategori terbesar yaitu bidang e-commerce, education, dan games. Contoh StartUp edutech di Indonesia adalah Ruangguru.

Ruangguru memanfaatkan peningkatan teknologi dalam membantu usahanya dengan menggunakan bantuan artificial intelligence. Dengan adanya bantuan AI, soal-soal yang ditanyakan oleh para penggunanya dapat langsung ditelaah melalui teknologi agar bisa terjawab dengan jawaban yang konkrit.

Melakukan kolaborasi juga merupakan salah satu upaya dalam memanfaatkan peningkatan teknologi di startup. Contohnya, pemerintah akan membuka akses pasar dengan memanfaatkan 45 kantor perwakilan dagang di 45 negara yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM Indonesia. Selain itu, dukungan infrastruktur dalam melahirkan usaha atau start-up berkualitas juga perlu ditingkatkan agar Indonesia tak ketinggalan. 

 

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/50713/start-up-inovatif-berbasis-teknologi-percepat-indonesia-jadi-negara-maju/0/berita 

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220530150050-92-802731/jejak-startup-di-indonesia-dari-booming-sampai-mulai-gugur/1

https://news.bsi.ac.id/2023/06/07/startup-indonesia-tumbuh-berinovasi/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline