Lihat ke Halaman Asli

teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   03:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang memiliki pandangan berbeda tentang bagaimana anak-anak berkembang secara sosial dan kognitif.

1. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif terjadi secara bertahap melalui proses eksplorasi dan interaksi individu dengan lingkungannya. Ia membagi perkembangan kognitif menjadi empat tahap utama:

1. Tahap Sensorimotor (0--2 tahun)

Anak belajar melalui pengalaman langsung dan gerakan.

Konsep "objek permanen" mulai terbentuk.

2. Tahap Praoperasional (2--7 tahun)

Anak mulai menggunakan simbol dan bahasa tetapi masih egosentris.

Belum memahami konsep konservasi (misalnya, jumlah cairan yang sama bisa terlihat berbeda dalam wadah berbeda).

3. Tahap Operasional Konkret (7--11 tahun)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline