Lihat ke Halaman Asli

Mengenang Jasa Siti Rahmani Rauf, Penulis Buku Pelajaran Bahasa Indonesia yang Melegenda

Diperbarui: 7 Februari 2023   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siti Rahmani Rauf, seorang guru dan penulis buku pelajaran Bahasa Indonesia, memiliki jasa besar bagi generasi sebelum tahun 1990-an. Buku Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang dia tulis sangat melegenda dan memiliki pengaruh besar bagi anak-anak Indonesia yang menempuh pendidikan dasar sejak kelas 1 sampai kelas 6.

Lahir di Padang pada tahun 1919 dan meninggal di Jakarta pada 10 Mei 2016 dalam usia 96 tahun, Siti Rahmani Rauf merupakan tokoh luar biasa bagi banyak orang. Meskipun namanya relatif tidak dikenal, jasanya sangat besar dan patut diapresiasi.

Buku yang dia tulis mengantarkan jutaan anak Indonesia mengenal dunia membaca dan menulis, sekaligus memberikan refleksi tentang kebajikan. Bagi penulis, Ibu Siti Rahmani Rauf adalah tokoh yang memiliki ketulusan yang sangat penting untuk dikenang.

Jika buku yang dia tulis dikaji di madrasah diniyah dan pesantren, maka nama Siti Rahmani Rauf pasti akan selalu disebut dan dibacakan doa sebelum pelajaran dimulai. Hal ini bertujuan agar belajar yang dijalankan mendapatkan berkah.

Penulis sangat mengapresiasi jasa Ibu Siti Rahmani Rauf yang sungguh luar biasa. Ia berharap agar nama dan jasanya tetap terkenang dan dikenang oleh generasi selanjutnya. Penulis juga melantunkan doa QS Al-Fatihah untuk Ibu Siti Rahmani Rauf. Terima kasih atas jasamu yang luar biasa. Lahal Fatihah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline