Lihat ke Halaman Asli

Berdiri Kokoh Stasiun Klakah-Lumajang

Diperbarui: 10 Desember 2022   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret: Stasiun Klakah, dokpri

Bangunan Stasiun Klakah ini, merupakan peninggalan Belanda yang saat ini tetap berdiri kokoh. Meskipun sudah berumur satu abad. Stasiun ini berada di desa melawang, kecamatan, Klakah kabupaten Lumajang.

Nah, untuk teman-teman jika ingin mudik ke kampung bisa menggunakan transportasi K.A (Kereta Api) Klakah.

Potret: Masjid Baitur Rohim, dokpri

Ke timur sedikit, dari Stasiun Klakah, perempatan jalan ada sebuah masjid besar. Yang saat ini sedang proses pembangunan atau renovasi. Masjid tersebut bernama masjid Jami' Baitur Rahim yang tepatnya ada di timur jalan.

Potret: SMKN Klakah, dokpri

Dan di Klakah itu ada namanya "prayuana" saya akan menceritakan sedikit tentang sejarah prayuana." Asal mulanya, SMK negeri Klakah yang berada prayuana itu, adalah fasilitas peninggalan Belanda" ujar umi saya . Prayuana juga di sebut "lambau"

Awalnya SMK Prayuana tersebut mempunyai kelompok E anak-anak tuna laras kurang lebihnya 60 orang dan melibatkan 16 karyawan. Tapi sayangnya kelompok E tersebut tidak dapat berkembang di saat era reformasi,dan pada akhirnya tinggal 3 orang. Dan pada saat itulah bau Kudus semakin tidak terurus. Dulunya lambau di hiasi kisah kisah misterius,dan di sana adalah sebuah penjara. Tapi saat ini bukan lagi sebuah penjara akan tetapi menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Klakah..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline