Lihat ke Halaman Asli

hilwa luluilmaslahah

Akun ini untuk tugas

Mengenal Kearifan Lokal dalam Masyarakat

Diperbarui: 5 Juni 2022   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak: Indonesia memiliki keragaman kearifan lokal yang tersebar di berbagai daerah. Setiap kearifan lokal mengandung nilai-nilai luhur bagi masyarakat setempat. Semua bentuk kearifan lokal dihayati, dipraktikkan, diajarkan dan diwariskan antargenerasi sehingga membentuk pola perilaku atau kebiasaan. Keraifan lokal mengarahkan masyarakat untuk hidup secara harmonais baik kepada Tuhan, sesama manusia, maupun lingkungan alam.

Kata Kunci: Kearifan lokal, nilai-nilai luhur, masyarakat, lingkungan

Kearifan lokal dikenal dengan sebutan lain diantaranya pengetahuan lokal (lokal knowledge) atau kecerdasan lokal (lokal genius). Kearifan lokal tumbuh dan diwariskan secara turun-trmurun dalam suatu masyarakat yang berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dan sebagai simpul perekat antar generasi. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi sehingga keberadaannya tetap bertahan hingga saat ini. Namun, terkadang kearifan lokal di masa lalu tidak sama dengan kearifan lokal saat ini. Kearifan lokal lebih menekankan pada tempat dan lokalitas dari kearifan tersebut sehingga tidak harus merupakan sebuah kearifan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

PEMBAHASAN

1. Pengertian Kearifan Lokal

Kearifan lokal atau local wisdom berasal dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) berarti setempat dan lokal (local) artinya kebijaksanaan. Kearifan lokal atau local wisdom dipahami sebagai gagasan, nilai-nilai, maupun pandangan hidup masyarakat setempat atau lokal yang bersifat bijaksana, berkaitan dengan struktur dan fungsi lingkungan, reaksi alam terhadap tindakan manusia dan hubungan-hubungan yang sebaiknya terbentuk antara manusia dan lingkungan yang dikembangan secara turun-temurun.

2. Pengertian Local Knowledge

Local knowledge adalah pengetahuan yang didalamnya terdapat unsur pengetahuan atau informasi lokal yang muncul bagi masyarakat lokal maupun umum yang digunakan secara turun temurun.

3. Perbedaan Local Know Lodge dan Pengetahuan Umum

Lokal knowledge mengacu pada pengetahuan suatu masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai kebiasaan dan cara hidup khusus yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka, sesuai dengan kondisi sosial dan lingkungan tempat tinggalnya. Sedangakan, pengetahuan umum mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan nilai dan norma yang berlaku universal.

4. Pengertian Local Genius

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline