Guru adalah salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan. Jika menginginkan kualitas pendidikan baik maka guru harus ditingkatkan kompetensi dan keterampilannya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digital sekarang ini menuntut guru untuk bertransformasi mengikuti transformasi pendidikan. Peran guru mengalami transformasi nyata dan signifikan seiring dengan karakter generasi industri 4.0.
Menurut Kemendikbud, guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada peserta didik, menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya, mengembangkan program kepemimpinan peserta didik untuk mewijudkan Profil Pelajar Pancasila.
Sejalan dengan hal ini, E. Mulyasa mengemukakan bahwa guru penggerak adalah tokoh perubahan yang harus dapat mewujudkan konsep merdeka belajar dengan mengubah paradigma dari pembelajaran tradisonal gaya bank menjadi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik menuju pendidikan yang cerdas dan berkualitas.
Dengan demikian, guru penggerak adalah guru yang mampu melakukan perubahan dalam pembelajaran, memiliki keikhlasan dalam mengajar, memiliki keteladanan, selalu berpihak pada peserta didik, dan mampu mengembangkan dirinya serta berkolaborasi dengan guru lainnya demi peningkatan kualitas pendidikan.
Selain itu, guru penggerak memiliki empat karakteristik yaitu:
1. Memiliki pemahaman utuh tentang ruh atau esensi pendidikan yang hakiki sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia
2. Memiliki visi jauh kedepan sebagai langkah antisipatif perkembangan zaman
3. Siap dan sigap menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis
4. Memiliki kemampuan managerial yang handal baik di bidang pendidikan maupun di bidang lain yang berkorelasi dengan bidang pendidikan.
Disamping itu, yang paling penting adalah guru penggerak harus memiliki sifat dan karakter utama. Sifat ini akan menciptakan dan mengawal pencapaian Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka belajar. Ada enam sifat yang harus dimiliki guru penggerak yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia