Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari berapa kali konsumen melakukan pembelian ulang produk tersebut. Lalu, apa yang dapat menjadi indikasinya? Bagaimana cara membangun loyalitas merek? Temukan jawabannya di sini!
Apasih Brand Loyalty?
Dikutip dari Casa Kreatif brand loyalty adalah suatu kondisi di mana konsumen memilih untuk terus membeli produk atau jasa dari suatu merek yang sama, meskipun ada produk atau jasa lain yang lebih murah atau lebih berkualitas. Konsumen yang loyal terhadap suatu merek akan terus membeli produk tersebut karena mereka percaya bahwa produk tersebut memenuhi kebutuhan dan harapannya.
Indikator Brand Loyalty
Ada beberapa indikator yang akan menandakan kesetiaan konsumen pada suatu merek. Diantaranya sebagai berikut
Repurchase rate: persentase konsumen yang membeli produk atau jasa dari suatu merek yang sama dalam periode waktu tertentu.
Recommendation rate: persentase konsumen yang merekomendasikan produk atau jasa dari suatu merek kepada teman atau keluarga.
Switching rate: persentase konsumen yang beralih dari suatu merek ke merek lain.
Net Promoter Score (NPS): skor yang diperoleh dari jawaban konsumen terhadap pertanyaan "Apakah Anda akan merekomendasikan produk ini kepada teman atau keluarga?"
Cara Membangun Brand Loyalty
Brand loyalty merupakan suatu hal yang begitu penting bagi suatu merek. Untuk itu ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengembangkannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain: