Lihat ke Halaman Asli

Hilman Najwan Rosyadi

Mahasiswa Politeknik Astra

Penerapan Sensor Suhu Otomatis Pada Ruang Medis Berbasis Teknologi IoT

Diperbarui: 19 Juli 2024   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) dalam sektor kesehatan semakin meluas, terutama dengan penerapan sensor suhu otomatis di ruang medis. Sensor ini memungkinkan monitoring secara real-time untuk mengukur suhu pada lingkungan penyimpanan obat, peralatan medis, dan area kritis lainnya dalam fasilitas kesehatan. Hal ini juga meningkatkan dan memastikan kemanan yang berkualitas serta meminimalisir adanya risiko kesalahan dalam pengontrolan suhu.

Teknologi sistem sensor suhu otomatis berbasis IoT ini juga membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan para pasien, yang mana sistem ini akan berkerja terus menerus selama 24 jam non stop untuk memonitor suhu secara akurat. Dan data yang dikumpulkan secara real-time memungkinkan juga mendeteksi terhadapat perubahan suhu yang dapat mempengaruhi ketidak nyamanan pasien dan juga dapat menjaga suhu ruangan yang memiliki sensitivitas terhadap perubahan suhu.

Teknologi IoT ini juga sangat berpengaruh dalam dunia otomatisasi di zaman sekarang dan sudah banyak juga yang sudah menggunakan sistem ini untuk memudahkan semua pekerjaan, terlebih di dalam hal sektor industrial.

Berikut adalah beberapa komponen yang penting dalam pembuatan sistem alat ini.

1. Arduino Mega 2560

Komponen ini sangat memegang peran penting dalam sistem kendali dengan cara memprogram dari komputer untuk dapat menjalankan fungsinya.

2. Sensor Suhu DS18B20

Sensor ini yang akan mendetek suhu aktual pada suatu tempat dengan pembacaan yang sesuai dan secara real time.

3. Internet of  Things

Ialah sistem yang di mana suatu antar koneksi internet yang saling berhubungan satu sama lain agar saling berkomunikasi dan berinteraksi secara otomatis.

4. Ethernet Shield W5500

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline