Lihat ke Halaman Asli

Hilman Idrus

Fotografer

Menikmati Keindahan Danau Laguna dan Pesona Wisata Batu Angus Ternate

Diperbarui: 19 Juli 2020   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Danau Laguna Ternate | Dokumentasi pribadi

Setelah mengunjungi wisata Danau Tolire pada pekan lalu, Jumat (17/7) kemarin, kami memutuskan berkunjung pada dua destinasi wisata unggulan yang berada di kota Ternate, yaitu wisata Danau Laguna dan Batu Angus. Pilihan kami yang pertama adalah menuju ke arah Selatan Kota yaitu ke Danau Laguna. 

Nama lokasi wisata ini juga disebut Danau Ngade, karena letaknya di Kelurahan Ngade Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pukul 16.00 wit, kami bergegas menuju ke lokasi wisata Danau Laguna, tidak membutuhkan waktu terlalu lama. 

Danau Laguna Ternate dipotret pada tahun 2016 dari Villa milik mantan Wali Kota Ternate | Dokumentasi pribadi

Sebab, jarak pusat kota ke danau Laguna kurang lebih 6 km, dan hanya ditempuh dengan waktu sekira 20 hingga 30 menit, untuk tiba di lokasi. Begitu pun, jika ingin menghindari terjebak dalam kerumunan kendaraan umum, maka melewati jalan di depan kantor DPRD Kota Ternate merupakan alternatif, agar cepat tiba di lokasi wisata. 

Dan, kami pun memilih melewati jalur ini. Ketika tiba di lokasi wisata, ada salah satu villa milik mantan Wali kota Ternate, lokasi ini, memang, sering saya dan teman-teman fotografer, manfaatkan untuk memotret Landscape di Danau Laguna. 

Salah satu jembatan yang diperuntukkan bagi pengunjung untuk berswafoto dan menyaksikan pesona danau Laguna Ternate | Dokumentasi pribadi

Kami berhenti sejenak ingin mengabadikan momen pada Villa tersebut, hanya saja tidak ada penjaganya, sehingga kami memutuskan ke spot lainnya, yang berada persis di dekat bak penampung air milik kantor PDAM Kota Ternate. 

Di lokasi danau Laguna, para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk seperti di tempat wisata Danau Tolire besar. Di sini, pengunjung cukup membayar uang parkiran Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua, serta Rp. 10.000 bagi kendaraan roda empat. Danau Laguna, merupakan salah satu destinasi Favorit bagi warga kota Ternate. 

Danau Laguna Ternate dipotret pada Jumat (17/7/2020) |Dokumentasi pribadi

Jauh sebelum era smartphone, para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini, masih mengandalkan kamera pocket, jadul, dan juga memakai jasa fotografer lokal, untuk mengabadikan momen mereka di Danau Laguna. 

Pada saat itu, Danau Laguna pun belum dikelola seperti sekarang, sehingga para wisatawan yang berkunjung, hanya sekedar mengabadikan momen, lalu kembali pulang, lokasi ini pun menjadi lokasi favorit para fotografer di Ternate.

Sehingga saya dan teman-teman fotografer di Ternate menyebut sebagai spot "sejuta umat", lantaran menjadi spot andalan yang selalu dikunjungi fotografer, baik, pagi, siang, maupun pada sore hari, untuk memotret senja dengan view Pulau Tidore, Maitara, dan Makean. 

Danau Laguna Ternate dengan background Pulau Maitara dan Tidore|Dokumentasi pribadi

Ketika itu, kami sering memanfaatkan sejumlah pohon di lokasi wisata Danau Laguna -- kami naik ke pohon, sambil memotret, agar dapatkan angle yang baik untuk ukuran foto indah. 

Lokasi yang dulunya ditumbuhi semak belukar. Kini, "disulap" menjadi tempat yang indah dan tentunya memanjakan para pengunjung dengan sejumlah fasilitas untuk berswafoto.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline