Lihat ke Halaman Asli

Hilman Fajrian

TERVERIFIKASI

Social Media dan Homo Socialis

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1425439710547685803


"Man is by nature a social animal; an individual who is unsocial naturally and not accidentally is either beneath our notice or more than human. Society is something that precedes the individual. Anyone who either cannot lead the common life or is so self-sufficient as not to need to, and therefore does not partake of society, is either a beast or a god." (Aristotle)


Terlepas apakah anda pendukung teori penciptaan atau evolusi berdasarkan keyakinan atau sains, secara antropologi manusia digolongkan ke dalam homo socialis (mahluk sosial) atau social animalia. Manusia memiliki kebutuhan hidup bersama untuk dapat menjalani kehidupan dengan wajar. Setidaknya ada 7 faktor yang mendasari itu: perasaan senasib, menyebarkan informasi, berjuang, seksual, kebebasan, bersatu dan ras.

Karl Marx menuliskan, sociability manusia lebih dari sekedar pengertian bahwa manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup. Marx melihat manusia sebagai human social animal yang tidak bisa hidup normal di luar kelompok sosial.
Ia memberi contoh, seorang anak yang dibuang oleh ibunya tidak akan bisa berkembang selayaknya manusia normal. Bahkan ia akan berupaya menemukan kelompok yang menjadi keluarganya.

Antropolog Soekanto menyebutkan, ada kebutuhan psikologis naluriah manusia untuk terhubung dalam sebuah kelompok yang memiliki kesamaan tujuan, ideologi, ras, keyakinan, bahkan ketertarikan. Manusia normal juga selalu berupaya membangun kedekatan untuk keeratan dan kekuatan kelompok yang akhirnya membentuk sebuah sistem dan norma.

Sebagai mahluk sosial, manusia juga secara naluriah memiliki gairah kompetisi atau bersaing sebagai cara menunjukkan keunggulan dan kekuasaan. Persaingan dalam konteks bersosial, manusia memiliki gairah untuk menyebarluaskan pengaruh, mendapatkan pengikut dan menguasai teritori baru.

Lalu apa hubungannya dengan social media?

Kata ‘social' pada social media berarti ‘pergaulan'. Yang berarti, social media adalah media untuk pergaulan. Pergaulan selalu dibangun dengan interaksi minimal dua arah dimana pihak yang terlibat saling berbicara dan mendengarkan secara intens, aktif dan kontinyu.

Social media juga tidak hanya mengizinkan penggunanya melakukan interaksi dua arah, tapi juga multi arah secara massal. Di social media, saat kita bicara kepada satu orang, apa yang kita ucapkan (tuliskan) bisa didengar (dilihat) oleh banyak orang - yang biasa disebut sebagai follower, fans atau subscriber. Maka interaksi, perbincangan dan pergaulan menjadi jauh lebih riuh dibandingkan bila dilakukan di dunia nyata.

Itu lah yang menjadi faktor utama yang membedakan antara social media dan media konvensional yang sudah eksis seperti televisi, radio, surat kabar, poster, dll.

Media konvensional adalah penyebaran informasi secara luas secara satu arah - dari penyedia informasi ke audiens. Karena satu arah, media konvensional ‘mengabaikan' audiens sebagai mahluk sosial yang punya hasrat berinteraksi. Audiens punya keinginan dan gairah untuk menanggapi, memuji, memprotes, yang semuanya dilakukan secara langsung dan real-time. Mereka tak hanya ingin mendengarkan dan tak sekedar jadi objek. Mereka juga ingin bicara dan menjadi subjek.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline