Lihat ke Halaman Asli

Hilma Nuraeni

Bachelor Degree of Public Education University of Ibn Khaldun Bogor

Panduan Mengisi SPTJM MSIB Batch 5 Kampus Merdeka

Diperbarui: 11 Juni 2023   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber:  Business-Envato TU)

MSIB (Magang dan Studi Independent Bersertifikat) Batch 5 telah dibuka dan kini pendaftarannya diperpanjang hingga 30 Juni 2023. Program MSIB sendiri merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek. MSIB sendiri terdiri dari program magang dengan kesempatan belajar yang diciptakan dengan cermat juga program studi independen bersertifikat yang secara khusus dibuat dan dibangun atas kesulitan aktual yang dihadapi mitra dan industri.

Untuk timeline kegiatan MSIB ini antara lain :

- Pendaftaran mahasiswa (18 April - 30 Juni 2023)
- Verifikasi berkas administrasi mahasiswa (12 Juni - 01 Juli 2023)
- Tes kebhinekaan mahasiswa (05 - 07 Juli 2023)
- Seleksi oleh mitra dan offering pada platform (08 Juli - 07 Agustus 2023)
- National onboarding MSIB batch 5 (14 Agustus 2023)

Salah satu dokumen yang harus diserahkan oleh para pendaftar adalah SPTM (Surat Pertanggung Jawaban Mutlak). Dikutip dari akun Instagram resmi Magang Merdeka, SPTJM adalah surat yang hukumnya wajib dikumpulkan oleh setiap mahasiswa pendaftar MSIB 2022. Selain itu, pendaftar juga harus menggunakan format terbaru yang dibagikan oleh situs resmi Kampus Merdeka. 

Berikut untuk lebih jelasnya panduan mengisi SPTJM MSIB Batch 5 tahun 2023 :
1. Mengisi data diri yakni nama lengkap, perguruan tinggi, jurusan/ prodi, NIM, NIK, no HP/ WhatsApp dan email. Pastikan tidak ada kesalah pengetikan dalam pengisiannya agar SPTM - mu eligible ya.

(Pengisian data diri, dok. pribadi)

2. Pada poin ke-1 silahkan isi kondisi apakah sebagai penerima beasiswa atau bukan. Jika sedang menerima, maka silahkan dicoret "tidak sedang menerima" dan cantumkan beasiswa apa serta senilai berapa rupiah. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

(Pernyataan penerima beasiswa/ tidak, dok. pribadi)

3. Pada poin ke-2 pastikan sudah tertulis angkata 5 tahun 2023.
4. Baca dan perhatikan pernyataan - pernyataan lain dan pastikan bahwa kamu menyetujuinya.
5. Di lembar berikutnya pada penandatanganan isi nama lengkap kamu dan tanda tangani dengan jelas diatas materai Rp. 10.000,-

(Penandatanganan, dok. pribadi)

6. Kemudian pilih juga siapa penandatangan berikutnya apakah orang tua/wali mahasiswa, cantumkan nama lengkapnya dan tanda tangani dengan jelas.7. Terakhir tentukan siapa petinggi perguruan tinggi yang akan menyetujui surat tersebut. Untuk SPTJM sendiri pada batch kali ini minimal mendapatkan tanda tangan dari wakil rektor 1, masukkan nama lengkap dan NIDN/NIP nya serta tanda tangani dengan jelas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline