Lihat ke Halaman Asli

Apakah Ibu Penyumbang Semua Mitokondria Tubuh Kita?

Diperbarui: 26 Agustus 2017   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: www.khanacademy.org

Benarkah mitokondria yang ada di sel tubuhmu semuanya berasal dari sel ovum ibu? Dalam kata lain, mitokondria, sang power housedan pembangkit listrik sel tubuhmu, berasal sepenuhnya dari ibu? 

Perlu diketahui bahwa tanpa mitokondria, kerja tubuh kita tidak akan beres. Kelanjutannya, bermacam-macam penyakit kronis akan muncul, seperti diabetes mellitus, dementia, cacat fisik, dan lain-lain.  

Tapi sebelum menjawab pertanyaan itu, seperti kata pepatah "Tak kenal maka tak sayang." Jadi, mari kita kenal lebih dalam mengenai mitokondria agar kita dapat memahami tujuan utama dari bahasan kita.

APA ITU MITOKONDRIA?

Fungsi

Mitokondria adalah organel yang berfungsi untuk respirasi sel atau metabolisme energi yang akan menghasilkan ATP (Adenosin Tri Phosphat).

Respirasi atau metabolisme merupakan proses perombakan atau katabolisme untuk menghasilkan energi atau tenaga bagi berlangsungnya proses hidup. Dengan demikian, mitokondria adalah "pembangkit tenaga" bagi sel. Oleh karena itu mitokondria sering disebut sebagai "The Power House".

Lalu, ATP pada dasarnya adalah sang molekul bertenaga tinggi hasil dari metabolisme sel, yang memberi dan memasok energi pada segala hal yang dilakukan sel dalam tubuh kita. Mulai dari  menghasilkan enzim pencernaan, menghasilkan hormon tubuh, pembelahan sel, mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh, hingga ekskresi sel.

STRUKTUR

Mitokondria banyak terdapat pada sel yang memilki aktivitas metabolisme tinggi dan memerlukan banyak ATP dalam jumlah banyak, misalnya sel otot jantung. Jumlah dan bentuk mitokondria bisa berbeda-beda untuk setiap sel. Mitokondria berbentuk elips dengan diameter 0,5 m dan panjang 0,5 -- 1,0 m.

Mitokondria memiliki membran dalam dan membran luar yang tersusun atas fosfolipid bilayer dan protein. Karena sifat membran ganda ini, mitokondria tersusun atas lima bagian struktur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline