Lihat ke Halaman Asli

hilkia handika

Photographer

Cegah! Sebelum Skripsi Membunuh-Mu

Diperbarui: 10 Mei 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Pusing Dengan Skripsi byhttps://id.pinterest.com/Calm Sage

Menyelesaikan skripsi adalah salah satu tugas akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum lulus dari perguruan tinggi. Suatu keharusan yang harus dikerjakan agar mahasiwa memperoleh gelar sarjana.

Namun terkadang mahasiswa mengalami kendala dalam menyelesaikan skripsi, seperti keterlambatan dalam menyelesaikan skripsi. Masalah ini sebagian besar datang dari mahasiswa itu sendiri, baik itu menunda-nunda waktu untuk melanjutkan tulisan skripsi ataupun malas untuk melakukan bimbingan.

Telat skripsi dapat memiliki dampak yang signifikan pada mahasiswa, baik dari segi akademik maupun psikologis. Banyak hal yang terjadi jika mahasiswa menunda skripsinya dan sangat berdampak bagi mahasiswa yang masih malas untuk memulai ataupun melanjutkan penulisannya.

1. Tidak Lulus Tepat Waktu : Telat skripsi dapat menyebabkan mahasiswa tidak lulus tepat waktu. Hal ini dapat mempengaruhi mahasiswa masa depan, seperti kesempatan untuk melanjutkan studi atau mencari pekerjaan.

2. Biaya Tambahan : Mahasiswa harus membayar biaya tambahan, seperti biaya perpanjangan masa studi atau biaya kuliah tambahan.

3. Stres dan Kecemasan : Mahasiswa mengalami stress dan kecemasan yang berlebihan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mahasiswa dan kinerja akademiknya.

Skripsi memang menjadi tugas penting dan cukup berat bagi mahasiwa, mulai dari mencari judul, masuk kedalam pokok permasalahan, mencari teori-teori yang berkaitan dengan judul sampai dengan kesimpulan. Maka dari itu, mahasiswa harus menerapkan berbagai cara agar skripsi tidak tertunda sehingga dapat lulus di waktu yang tepat.

1. Buat Rencana Kerja : Buatlah rencana kerja yang jelas dan terperinci untuk menyelesaikan skripsi. Rencana kerja ini harus mencakup jadwal penyelesaian setiap bab skripsi dan jadwal pertemuan dengan dosen pembimbing.

2. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing : Konsultasikanlah masalah yang Anda hadapi dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing dapat memberikan saran dan bimbingan yang berguna untuk menyelesaikan skripsi.

3. Fokus pada Tugas Akhir : Fokuslah pada tugas akhir Anda dan hindari gangguan yang tidak perlu, seperti media sosial atau hiburan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline