Lihat ke Halaman Asli

4 Cara Hilangkan Gabut Selama Ramadhan Hindari Covid-19

Diperbarui: 28 Maret 2020   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Merebaknya wabah Covid-19 yang baru-baru ini menyerang seluruh lapisan dunia tampaknya tak juga memberikan tanda-tanda mereda, malahan kian hari nampaknya penyebaran virus terbaru ini semakin marak saja.

Tentu ini pendemi ini membuat khawatir semua masyarakat, termasuk muslim Indonesia. Per 28 maret ini, dalam kurun waktu dua minggu sudah menginfeksi 1047  jiwa. Pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah menggalakkan himbauan agar warga tetap di rumah atau yang kemudian di kenal dengan hastag di berbagai media sosial dengan #dirumahaja untuk menekan angka penyebaran virus melalui banyaknya interaksi.

Tentu hal ini membuat resah khususnya warga muslim yang segera menyambut Ramadhan pada bulan April mendatang. Tentunya, jangan terlalu panik dan tetap #dirumahaja adalah hal kecil yang bisa kita lakukan untuk mencegah pernyebaran virus tersebut.

Pertanyaannya, bagaimanakah caranya tetap menjalankan himabuan pemerintah untuk #dirumahaja. Keempat hal ini mungkin bisa mengurangi kejenuhan selama #dirumahaja

  1. Nonton Series Islami
    Kegiatan yang tentunya akan menambah keimanan terhadap Allah melalui kajian-kajian yang terkandung di dalamnya.

  2. Menyibukkan diri mengkaji Alquran
    Menyelami makna yang terkandung di Al quran tentu merupakan hal yang mengasikkan juga akan semakin membuat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  3. Membaca Novel Islami
    Hal ini juga tentu bisa meningkatakan takwa melalui berbagai macam hikmah yang terkandung di dalamnya, adapun referensi novel islami yang bisa di baca saat #dirumahaja diantaranya,, novel Lost in the USA, karya Fathi Bawazier, kisah nyata yang dialami oleh penulis nya tentu akan menginspirasi kita untuk kita jadikan teladan di keseharian kita. Ada juga Novel Kita Pernah Salah, karya Fuad Bakh dan Aria Shinta, yang menceritakan pertemuan antara wanita pendosa dengan sorang lelaki yang kemudian bersama berusaha menjemput ridho-Nya.

  4. Memasak takjil bersama keluarga. Menyiapkan masakan bukaan untuk bukaan merupakan hal seru yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka, selain itu hal ini juga dapat mempererat hubungan anggota keluarga melalui interaksi intens. Beberapa menu simpel seperti cocktail buah, dan kudapan khas ramadhan tentu hal yang cocok menambah keseruan ramadhan #dirumahaja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline