Lihat ke Halaman Asli

Hilda MariaUlfa

Mahasiswa IAIN Jember

Tanah Airku, Indonesia

Diperbarui: 27 Desember 2019   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tanah air ku tidak ku lupakan , kan terkenang selama hidupku. Biarpun saya pergi jauh tidak kan hilang dari kalbu. Tanah ku yang ku cintai , engkau ku hargai. Walaupun banyak Negeri ku jalani , yang masyur permai di kata orang. Tetapi kampung dan rumahku , di sanalah ku rasa senang. Tanah ku tak ku lupakan , engkau ku banggakan. Negara Indonesia merupakan Negara yang berkembang , juga terkenal akan kekayaan terhadap rempah-rempah dan keindahan alamnya. Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan sangat cocok untuk di gunakan bercocok tanam . Tidak hanya itu , Indonesia juga memiliki keaneka ragaman hayati yang tinggi , yang mana telah di Anugerahkan oleh Allah SWT kepada kita. Sebagaimana di Al-Qur'an juga sudah di jelaskan yaitu , "Tanah yang subur akan menghasilkan tanaman yang subur , begitu pula sebaliknya. " Q.S. Al-A'raf 58 yang berbunyi:      
                                                                                                                                                                                               
Artinya : Dan tanah yang baik, tanaman -tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (kami) bagi orang-orang yang bersyukur.

Jadi disini pertama peran kita sebagai insan yang baik, insan yang taat terhadap Rabb-Nya , kita harus menjaga dan mencintai kelestarian alam dan lingkungan sekitar kita. Sebab dengan mencintai kita dapat menjaganya , layaknya kita menjaga keluarga kita atau mungkin pasangan kita.

Yang kedua, peran kami sebagai pewaris bangsa tentunya memiliki harapan dan keinginan untuk Indonesia kedepannya bagaimana? Tentunya harapan dan keinginan yang ada di lubuk hati kami , nantinya dapat membantu Indonesia untuk semakin maju kedepannya dan menjadi lebih baik lagi. Melihat perjuang Indonesia dahulu sangat sulit sekali untuk merdeka, menurut saya, dan harapan saya untuk Indonesia kedepannya semoga menjadi bangsa yang lebih maju dalam segala bidang pendidikan, karena masih banyak sekali anak-anak kecil yang terlantar di luar sana tidak mendapatkan pendidikan yang layak, seharusnya menambahkan sekolah gratis bagi anak-anak yang tidak mampu untuk membayar sekolah. Juga harga bahan pokok dan pangan bisa stabil seperti biasa, karena biasanya setiap tahunnya selalu naik.

Satu lagi, harapan untuk mewujudkan Indonesia bebas korupsi dan narkoba di masa mendatang dengat syarat kita harus saling berkomitmen satu sama lain dan memiliki semangat yang tinggi untuk tidak mengulangi lagi. Karena "Allah tidak akan mengubah nasib hambanya melainkan hambanya yang berusaha untuk mengubahnya".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline