Lihat ke Halaman Asli

Hilda MariaUlfa

Mahasiswa IAIN Jember

Korupsi Bawah Sadar

Diperbarui: 6 November 2019   06:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Korupsi

Kata korupsi sudah tak asing lagi di telinga kita.Apalagi di zaman milenial ini korupsi sudah semakin marak terjadi bahkan seperti sudah menyatu dalam unsur kehidupan manusia.

Mungkin dalam pikiran kita kata korupsi begitu erat kaitannya dengan para petinggi petinggi negara seperti:Presiden,DPR,gubernur,bupati dan banyak lagi.

Tapi tahukah kita bahwa bukan hanya mereka yang melakukan korupsi.Tapi hampir dari kita semua pernah melakukan korupsi tanpa kita sadari.

Mungkin karena mereka yang notabenenya sebagai public figur lebih menjadi sorotan ketika mereka melakukan kesalahan bahkan ketika kesalahan yang mereka lakukan hanya sekecil biji sawi.

Untuk itu sebelum kita menjudge banyak orang sebagai koruptor maka mari kita benahi  diri kita dan mengoreksi korupsi apa sajakah yang pernah kita lakukan.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia makna "Korupsi" adalah kata : penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Tapi seiring perkembangan zaman korupsi tak hanya meliputi tentang uang. Saya sebut saja salah satunya yaitu "Korupsi Waktu"Korupsi dalam garis besar Islam memang sudah diharamkan, Tapi untuk hal korupsi waktu adalah yang sangat remang dan jarang disadari oleh kita.

Contoh : seorang guru yang terus saja mengajar dikelas padahal jam pelajarannya telah usai sehingga membuat guru guru mape selanjutnya harus terlambat mengajar karena waktu yang menjadi haknya telah digunakan oleh guru sebelumnya.Ini adalah salah satu contoh hal yang paling kita keluhkan dulu saat masih duduk di bangku SMA.

Untuk itu mari kita pergunakan waktu sebaik mungkin agar pekerjaan kita cepat selesai tanpa mempergunakan waktu orang lain atau waktu waktu yang lain untuk melakukan pekerjaan sama. Untuk itu banyak orang orang Sholeh yang berwasiat seperti Ibnu Al jauzi Jangan sekali-kali mengulur-ulur waktu, karena ia merupakan tentara iblis yang paling besar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline