Lihat ke Halaman Asli

Penyerahan Gambar Perencanaan Struktur Bangunan BUMDes Desa Purworejo Kecamatan Ngantang

Diperbarui: 14 November 2023   18:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 

Dokumentasi Pribadi 

Malang -- BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) merupakan lembaga pendukung peningkatan perekonomian di desa melalui fasilitasi kegiatan produktif desa. Dalam rangka peningkatan perekonomian di Desa Purworejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, kepala desa Purworejo memberikan fasilitas bangunan sebagai pusat pengembangan usaha milik warga. Bangunan tersebut merupakan upaya perangkat desa untuk memajukan UMKM yang ada di Desa Purworejo Ngantang. Keberadaan bangunan ini sangat membantu Masyarakat karena sebagian besar warga Purworejo menjadi pelaku usaha UMKM.

Warga Desa Purworejo Kecamatan Ngantang bermata pencaharian sebagai petani sayuran. Namun, Sebagian besar warganya menanam tanaman bawang merah. Oleh karena itu, Desa Purworejo menjadi desa penghasil bawang merah terbanyak di Kabupaten Malang. Agar tidak terjadi kerugian yang besar saat berlangsungnya panen raya bawang merah, sebagian warga melakukan inovasi terhadap bawang merah yang mentah menjadi bawang merah goreng yang memiliki ketahanan lebih lama. Selain itu, di dalam Desa Purworejo juga terdapat pelaku usaha pembuatan tusuk sate, keripik pohong, dan kerupuk pohong.

Melihat banyaknya pelaku usaha UMKM di Desa Purworejo Ngantang, bangunan BUMDes sangat membantu warga yang memiliki produk usaha. Bangunan BUMDes direncanakan oleh panitia pelaksana pembangunan desa dengan desain yang simple dan memiliki ruangan yang luas. Luas bangunan yang akan dibangun kurang lebih 70 m2. Bangunan tersebut direncanakan terdiri dari dua lantai. Di lantai dasar bangunan tersebut terdapat dua ruangan yang bertujuan sebagai tempat pusat edukasi masyarakat dan ruang bebas. Sedangkan di lantai dua, direncanakan akan dijadikan ruang santai atau berkumpul bersama dengan desain semi outdoor.

Agar perencanaan bangunan tersebut dapat berjalan lancar, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Angkatan 2020 memberikan gambar perencanaan bangunan BUMDes kepada Desa Purworejo. Gambar perencanaan tersebut dibuat oleh mahasiswa KKN dari jurusan Teknik Sipil dan Pendidikan Teknik Bangunan sesuai dengan permintaan dari pelaksana pembangunan. Sebelum dilakukan perencanaan, dilakukan kegiatan pengukuran oleh mahasiswa KKN didampingi oleh perangkat desa setempat.

Pada tanggal 14 November 2023 dilakukan penyerahan gambar perencanaan BUMDes Desa Purworejo oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang kepada Bapak Slamet Mujiono selaku Kepala Urusan Perencanaan Desa Purworejo dengan harapan gambar perencanaan tersebut dapat membantu kegiatan pembangunan BUMDes dan kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya bangunan tersebut juga dapat membantu perekonomian warga yang menjadi pelaku usaha. Dan semoga UMKM di Desa Purworejo semakin maju dan berkembang setelah berdirinya bangunan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline