Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Literasi Anak-anak Sekolah Dasar Negeri 1 Purworejo, Mahasiswa KKN UM Membangun Pojok Baca pada Kelas 4, 5, dan 6

Diperbarui: 14 November 2023   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi 

Dokumen Pribadi 

Dokumen Pribadi 

Kelompok mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) membangun pojok baca di Sekolah Dasar Negeri 1 Purworejo, Kec. Ngantang, Kab. Malang, pojok baca dibangun pada kelas 4,5, dan 6 SD N 1 Purworejo. Pembangunan pojok baca ini ditunjukan untuk siswa-siswi SD N 1 Purworejo guna untuk meningkatkan literasi dan minat baca siswa.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) mempunyai alasan mengapa membangun pojok baca. Salah satu alasan terkuatnya karena di Sekolah Dasar Negeri 1 Purworejo belum mempunyai perpustakaan. Berdasarkan alasan tersebut maka kami mempunyai ide untuk membangun pojok baca tersebut demi meningkatkan minat baca dari siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Purworejo.

Membaca merupakan hal penting dalam kehidupan karena itu adalah cara utama untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mengembangkan imajinasi. Saat ini kebiasaan membaca buku sudah tidak lagi diminati oleh kalangan anak-anak, karena lebih memilih untuk memainkan gawai dari pada membaca buku. Oleh karena itu kebiasaan membaca harus diterapkan dari sejak dini, karena kebiasaan membaca akan membawa pengaruh pola pikir yang positif terhadap anak.

     Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) yang ditempatkan di Desa Purworejo menyadari bahwa siswa pada sekolah dasar masih rendah literasi. Rendahnya literasi menjadi masalah yang serius di era digital ini, khususnya perkembangan gadget dan akses internet yang telah mengubah cara anak-anak dan remaja menghabiskan waktu luang mereka. Diperkuat dengan tidak adanya perpustakaan dan melihat kurangnya minat baca siswa pada Sekolah Dasar Negeri 1 Purworejo, Kec. Ngantang, Kab. Malang membuat kelompok KKN Universitas Negeri Malang (UM) tergerak untuk menciptakan pojok baca sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan membentuk generasi muda yang gemar membaca.

Pada tahap awal, Minggu, 22 Oktober 2023, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) melakukan penyortiran buku bacaan yang akan digunakan sebagai buku literasi sesuai dengan tema dan kelasnya. Kemudian setelah itu pada hari Kamis, 2 Oktober 2023, kelompok mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pemasangan rak buku dan beberapa hiasan pada kelas 4,5, dan 6. Dengan adanya pojok baca ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Purworejo untuk menghabiskan waktu mereka dengan membaca buku, sehingga akan ada pengetahuan-pengetahuan baru yang mereka dapatkan.

Ibu Suyatmi, selaku kepala sekolah SD N 1 Purworejo mengungkapkan rasa senang dan terima kasih dengan adanya pojok baca ini, " terima kasih atas pembangunan pojok baca, dengan adanya pojok baca ini diharapkan dapat menjadi pengganti perpustakaan yang belum ada, sehingga dapat meningkatkan literasi siswa SD N 1 Purworejo". Dengan semangat dan dedikasi, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) membuktikan bahwa literasi dapat ditingkatkan dengan kreativitas dan inisiatif kecil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline