Lihat ke Halaman Asli

Hilda Safira Dwi Lestari

Tambah keterangan

Pancasila dan Tantangan Milenial

Diperbarui: 26 Oktober 2021   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia merupakan seperangkat nilai yang menjadi pandangan hidup bagi rakyat Indonesia sendiri. Kondisi seperti itu yang mengupayakan untuk menjadi pondasi bernegara dan praktik kehidupan berbangsa dan bernegara harus berlandaskan nilai-nilai yang tela terkandung dalam Pancasila.

Konsensus cerdas para pendiri negara tersebut berangkat dari sebuah paham kebangsaan yang terbentuk dari kesamaan nasib, sepenanggungan dan sejarahnya. Serta mempunyai cita-cita ingin bersama untuk menjadi negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Dengan adanya banyak perbedaan itulah yang membuat Pancasila semakin kuat dan layak disebut sebagai ideologi negara.

Meskipun di Indonesia era sekarang, terdapat banyak masalah yang selalu ada kaitannya dengan Pancasila sendiri. Seperti; perebutan kekuasaan terhadap sesuatu, susah untuk toleransi antar agama, dan lain sebagainya.

Padahal dari perbedaan itulah, seharusnya bukan untuk menghalangi tapi untuk saling toleransi antar sesama. Bukan untuk menghujat satu sama lain tetapi saling memperkuat persaudaraan agar lebih dalam lagi dalam mengartikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline