Lihat ke Halaman Asli

Film Cek Toko Sebelah 2: Realita Pernikahan di Indonesia

Diperbarui: 25 Januari 2023   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Hai, siapa nih yang waktu itu menonton film cek toko sebelah? Pada akhir bulan Desember, tayang lagi loh film cek toko sebelah season 2. Film ini disutradarai oleh Ernest Perkasa. Selain sebagai sutradara, Ernest juga ikut bermain loh dalam film ini. 

Film ini bergenre komedi, hal ini sesuai dengan pembawaan ernest yang lucu dan terkenal sebagai stand up comedy. Film cek toko sebelah 2 tentu masih nyambung dengan film cek toko sebelah 1. 

Menurut ku, film ini lebih banyak pesan ke arah pernikahan, hubungan kekeluargaan dan perjuangan. Bukan berarti aku spoiler tentang film ini. Tetapi, pada intinya film ini membahas tentang realita pernikahan yang ada di Indonesia. 

Apa saja sih realita pernikahan yang ada di Indonesia? Yuk simak artikel ini sampai selesai.

Kawin Lari

Kawin lari itu bukan berarti nikah sambil lari loh. Kawin lari sebutan bagi seseorang yang menikah tanpa restu dan tanpa wali, sehingga nikahnya diam-diam seakan lari dari keluarga. Kawin lari memang dulu sempat diperbincangkan di Indonesia, karena banyak sekali masyarakat yang kawin lari. 

Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan restu akan tetapi tetap menginginkan hidup berdua dan menikah. Di film ini, memang tokoh utama si ernest ingin mengajak pasangannya untuk kawin lari. 

Akan tetapi, sang cewek menolak dikarenakan masih menghargai keluarga dan tidak ingin mempermalukan dirinya kelak. Tentu menikah membuat kita menjadi bahagia, sebab kita akan tinggal bersama dengan orang yang kita cintai. 

Akan tetapi, apabila kita memilih jalan yang salah dalam pernikahan seperti kawin lari, tentu akan menimbulkan masalah bukan?

Restu itu Sulit

Dalam pernikahan tentu kita wajib meminta restu. Tanpa adanya restu, bisa dibilang kelak kita akan dipersulit oleh yang Kuasa dalam menjalani kehidupan pernikahan. Sebab restu Tuhan, restu orang tua juga. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline