Lihat ke Halaman Asli

Hilaria Agustina

Pendidik di SMAS St Fransiskus Asisi Bengkayang

Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Energi di Kelas X SMAS St Fransiskus Asisi Bengkayang

Diperbarui: 7 Maret 2024   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

PADA MATERI ENERGI UNTUK SISWA KELAS X

SMAS ST FRANSISKUS ASISI BENGKAYANG

Oleh :

Hilaria Agustina, S.Pd

SMAS St. Fransiskus Asisi Bengkayang

Jl. Sulenco No. 45. Bumi Emas, Bengkayang. Kalimantan Barat

email : hilalemontea@gmail.com

ABSTRAK

 Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning pada materi energi untuk siswa kelas X SMAS St Fransiskus Asisi Bengkayang dapat dikatakan berhasil atau lebih baik dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1). Hasil belajar siswa setelah diterapkan model problem based learning pada materi energi dilihat dari nilai rata-rata (▁χ) adalah 74,88 dengan SD 12,95. 2). Hasil belajar siswa setelah diterapkan model konvensional pada materi energi dilihat dari nilai rata-rata (▁χ) adalah 68,56 dengan SD 9,79.

Penerapan model problem based learning pada materi energi di kelas X SMAS St Fransiskus Asisi Bengkayang terhadap hasil belajar siswa lebih baik dari penerapan model konvensional berdasarkan uji hipotesis t satu pihak dari nilai tes akhir (post-test) maka t hitung = 2,2571 dan t tabel = 1,6686, berarti t hitung 2,2571 > t tabel 1,6686.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline