Lihat ke Halaman Asli

Hilal Hamdi

mahasiswa

Negara Maju, Indonesia Bisa

Diperbarui: 10 Agustus 2022   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Negara maju merupakan negara yang memiliki kualitas dan tingkat kesejahteraan tinggi, mengutip dari jurnal "sinergi Indonesia menuju negara maju" yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negri Medan, negara maju adalah sebutan bagi negara yang menikmati standar hidup tinggi melalui teknologi dan ekonomi yang merata. Tidak hanya itu, ada juga beberapa aspek yang melengkapi kriteria sebuah negara maju, antara lain ditinjau dari aspek Kesehatan, aspek lingkungan, sosial budaya, serta aspek moralitas dan keamanan penduduk yang mendiami sebuah negara maju tersebut. Hal ini juga berkaitan erat dengan sistem pemerintahan yang dijalankan dalam suatu negara.

Ada sebuah anggapan bahwa dunia ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu negara bagian utara dan negara bagian selatan. Yang mana negara bagian utara digolongkan sebagai negara maju dan negara bagian selatan dikategorikan sebagai negara berkembang. Hal ini belum terbukti dengan jelas lantaran hanya berupa spekulasi yang mungkin saja terbukti dan mungkin juga tidak terbukti kebenarannya.

Beberapa contoh negara maju antara lain sebut saja amerika serikat, kanada, rusia, prancis, spanyol, inggris, jerman, jepang, korea selatan, dan banyak lagi. Kemudian contoh negara berkembang ialah india, iran, turki, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan lain lain. Hal yang menjadi perbedaan mendasar antara kedua kelompok negara diatas ialah pada aspek ekonominya. Yaitu pada pendapatan perkapitanya, yang mana sebuah negara bisa dikatakan sebagai negara maju bilamana memiliki pendapatan perkapita (Gross National Product/GNP) sebesar US$ 10.000, atau lebih. Dalam perkembangan Kerjasama antar negara, banyak juga negara-negara maju yang menjalin hubungan Kerjasama dengan negara berkembang. Kerjasama tersebut bisa berupa Kerjasama dalam bidang ekonomi, politik, keamanan, bahkan dalam bidang sosial dan budaya. Hal ini diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi pada negara berkembang agar pada masa mendatang mampu menjadi negara maju dan memiliki posisi yang sejajar dengan negara-negara maju dibenua eropa dan amerika.

Tak lupa juga dengan Indonesia yang kini tengah berjuang agar bisa menjadi negara maju. Dengan mengembangkan potensi diberbagai sektor melalui Kerjasama internasional baik secara bilateral maupun multilateral. Selain itu kebijakan pemerintahan Indonesia yang dirasa berhasil, yang semoga mampu merealisasikan Indonesia maju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline